Repo Dosen ULM

PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA SISWA TUNARUNGU KELAS I DI SLB B/ C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN.

Show simple item record

dc.creator mirnawati, mirnawati
dc.creator Khairunnisa, Khairunnisa
dc.date.accessioned 2020-06-15T04:00:15Z
dc.date.available 2020-06-15T04:00:15Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/4131/1/5.%20%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20MULTIMEDIA%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20PERBENDAHARAAN%20KATA%20SISWA%20TUNARUNGU%20KELAS%20I%20DI%20SLB%20B%20C%20PARAMITA%20GRAHA%20BANJARMASIN.pdf
dc.identifier mirnawati, mirnawati and Khairunnisa, Khairunnisa PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA SISWA TUNARUNGU KELAS I DI SLB B/ C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN. PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA SISWA TUNARUNGU KELAS I DI SLB B/ C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN..
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11628
dc.description Abstrak. Seseorang dapat berinteraksi dengan adanya komunikasi, komunikasi dapat terjalin dengan baik karena cukupnya perbendaharaan kata yang dimilikinya. Permasalahan yang terdapat pada siswa tunarungu kurang dengar adalah miskinnya perbendaharaan kata yang dimilikinya, hal tersebut membuat siswa tidak mengetahui nama-nama dari benda disekitar lingkungannya bahkan tidak mampu mengucapkannya. Penelitian ini mengemukakan tentang penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia dalam meningkatkan perbendaharaan kata siswa tunarungu kurang dengar, media tersebut merupakan media yang inovatif, kreatif dan menyenangkan agar bisa menarik perhatian anak untuk mengikuti pembelajaran.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian time series design (O1 O2 O3 O4 X O5 O6 O7 O8) yang terdiri dari pre test yaitu pemberian tes sebelum diberikan perlakuan, treatmen yakni menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dan post test yaitu pemberian tes setelah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kurang dengar kelas dasar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin yang berinisial Nn. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket validasi, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal, lembar angket validasi, observasi dan alat dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap perbendaharaan kata siswa tunarungu yang berinisial NN kelas dasar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin. Adapun hasil pre test (O1=1)+(O2=2)+(O3=4)+(O4=4)= 11 yang menunjukkan hasil kemampuan awal anak masih rendah. Pada ke 3 kali treatmen menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia terbukti motivasi siswa, keaktifan siswa dan tanggung jawab siswa tinggi. Hal ini terbukti dengan hasil post test (O5=20)+(O6=22)+(O7=25)+(O8=28)= 95, yang menunjukkan hasil kemampuan yang meningkat. Kesimpulan dalam peneitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia dapat berpengaruh positif pada kemampuan perbendaharaan kata siswa tunarungu kurang dengar kelas asar I di SLB B/ C Paramita Graha Banjarmasin. Kata kunci: pembelajaran berbasis multimedia, perbendaharaan kata, siswa tunarungu
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/4131/
dc.subject L Education (General)
dc.title PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PERBENDAHARAAN KATA SISWA TUNARUNGU KELAS I DI SLB B/ C PARAMITA GRAHA BANJARMASIN.
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account