Description:
Penelitian ini berjudul "Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP Sederajat di Kecamatan Baniarmasin Utara
menghadapi Penerapan Kurikulum zo't3". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengetahuan Guru
IPS Terpadu SMP Sederaiat di Kecamatan Baniarmasin Utara dalam menghadapi Penerapan Kurikulum zor3.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah guru 14 SMP Sederajat di Kecamatan Banjarmasin Utara yaitu sebanyak 42 orang. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan data berdasarkan data primer dan data sekunder. Data
primer didapat melalui observasi dan angket, dan data sekunder di dapat melalui studi dokumen. Analisis data
yang digunakan adalah analisis persentase.
Hasil dari penelitian ini adalah diketahui Pengetahuan Guru IPS Terpadu SMP Sederajat di Kecamatan
Baniarmasin Utara dalam menghadapi Penerapan Kurikulum 2013, yang terdiri dari pengetahuan guru tentang
kompetensi inti, mata pelaiaran dan alokasi waktu, beban belaiar, kompetensi dasar, dan muatan pembelajaran.
Sebagian besar pengetahuan guru IPS Terpadu menghadapi penerapan Kurikulum zor3, sudah mengetahui
namun pengetahuannya masih rendah. Pengetahuan guru tentang mata pelajaran dan alokasi merupakan
pengetahuan yang paling dominan diketahui guru, dengan predikat sangat tinggi.
Kata Kunci: Pengetahuan, Guru, Kurikulum zot3