Description:
Banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa program studi Pendidikan matematika Universitas Palangkaraya, kesulitan belajar matematika. Selain karak-teristik matematika abstrak, faktor lain yang menyebabkan kesulitan dalam belajar matematika bisa datang dari dalam mahasiswa itu sendiri (internal) maupun dari luar mahasiswa (eksternal). Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika. Salah satu alasan adalah kurang optimalnya dosen dalam penggunaan alat peraga, media dan pendekatan yang tepat yang bisa membuat mahasiswa tertarik, terangsang, cepat menangkap dan mudah memahami materi yang diberikan. Untuk mengatasi masalah ini pembelajaran disajikan berdasarkan alat peraga dikom-binasikan dengan pendekatan ilmiah. Bahan alat peraga ini ada di sekitar mahasiswa, mudah untuk mendapatkan, mudah untuk membuat, murah dan sangat akrab dengan mahasiswa. Sementara perangkat lunak winplot juga aplikasi yang sangat sederhana untuk diunduh secara gratis. Pendekatan ilmiah adalah suatu pendekatan pembe-lajaran yang disesuaikan dengan capaian kurikulum yang membuat mahasiswa sebagai pusat pembelajaran. Hasil penelitian, penggunaan winplot dikombinasikan dengan pendekatan ilmiah dapat meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Matematika tahun ajaran 2018/2019 materi fungsi kompleks pada pokok bahasan pemetaan.
Kata kunci: Winplot, minat belajar, fungsi kompleks