Description:
Makalah ini mendeskrisikan penggunaan classroom pada pembelajaran matematika tipe Think-Pair-Share di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Google classroom yang merupakan, Learning Content Management System (LCMS) memiliki fitur-fitur yang mudah digunakan oleh guru maupun siswa. Penggunaan aplikasi google classroom sesuai dengan semangat pembelajaran era digital, era revolusi industri 4.0. Classroom bisa di mix dalam model pembelajaran tipe Think Pair Share. Keberadaannya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut sejalan dengan hasil penelitian dari Darmawan (2019). Google classroom juga bisa meningkatkan keterampilan pemecahan masalah (Gunawan & Sunarman). Classroom juga mampu meningkatkan motivasi belajar matematika (Nirfayanti, Nurbaeti). Adapun tipe Think-Pair-Share (TPS) efektif untuk pembelajaran operasi aljabar matematika (Kahairuddin, 2014), TPS juga berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (Zulfah, 2017). Terhadap hasil belajar, TPS memiliki pengaruh, berdasarkan hasil penelitan dari Yanti (2018). Keunggulan-keunggulan dari pengunaan google classroom dan penerapan pembelajaran TPS menggagas penulis untuk mengkombinasikannya dalam pembelajaran matematika di SMKN 3 Banjarmasin. Hasilnya, mix antara google classroom dan TPS mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: google classroom, Think Pair Share