Description:
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pengembangan karakter peserta didik berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan mencetuskan gagasan yang dapat diimplementasikan pada konten matematika dalam pembelajaran untuk menumbuhkan karakter positif dan kebiasaan berpikir tingkat tinggi. Ilmu pengetahuan dapat diakses tanpa batas pada era digital, sehingga pendidikan harus fokus pada pengembangkan sifat, watak, dan akhlak termasuk di dalamnya penanaman pendidikan karakter dalam kegiatan pendidikan, termasuk pendidikan matematika. Penguatan karakter yang berimbas pada peru-bahan pola pikir peserta didik sehingga menjadi terbuka dan berdampak pula pada peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal bertaraf internasional yang berstandar tinggi. Keberhasilan tersebut harus didukung dengan keterampilan guru dalam mengembangkan media dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Banyaknya tantangan yang akan dihadapi oleh guru matematika sehingga perlu memiliki inspirasi bagaimana pembelajaran matematika dapat dimanfaatkan untuk pengembangan karakter dan kebiasaan berfikir tingkat tinggi. Di dalam artikel ini, penulis mencoba memaparkan gagasan tentang bagaimana penguatan pendidikan karakter berbasis higher order thinking skills dalam pembelajaran matematika serta contoh pengaplikasiannya.
Kata kunci: karakter, HOTS, pembelajaran matematika