Description:
Problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran guna mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas problem based learning berbasis etnomatematika motif kain sasirangan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan cinta budaya lokal yang dimiliki siswa kelas VII SMP Muhammadiyah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammmadiyah dan untuk sampel yang digunakan siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB kelas control. Desain dalam penelitian ini menggunakan post-test only control. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, tes uraian dan angket. Instrument pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan angket cinta budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan 1). hasil rata-rata untuk kemampuan pemecahan masalah untuk kelas eksperimen 72,21 dan kelas control 67,30 dengan