Description:
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengetahuan guru dalam hal mengamati, menanya, menalar, mengumpulkan informasi, dan mengomunikasikan terkait penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD). Instrumen pendukung yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini terdiri dari lembar angket, format pengamatan, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dilakukan dalam 4 tahap. Tahap pertama, subjek mengisi angket terkait pendekatan saintifik. Tahap kedua, wawancara awal berbasis angket. Tahap ketiga, mengamati dan merekam kegiatan subjek saat menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika di Kelas. Sedangkan tahap keempat adalah wawancara akhir berdasarkan hasil pengamatan dan rekaman video pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan mentranskrip data, mereduksi data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa, pengetahuan guru SDN 006 Aminah Syukur tentang penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika tergolong sedang dan kurang.
Kata kunci : Pengetahuan guru, pendekatan saintifik, pembelajaran matematika