Description:
Hasil observasi di kelas menunjukkan bahwa hanya sedikit peserta didik yang: menyimak penjelasan yang disampaikan oleh guru, berusaha keras untuk menyelesaikan tugas matematika, aktif bertanya dan berdiskusi ketika menemukan kesulitan, dan mengumpulkan tugas tepat waktu pada saat proses pembelajaran matematika. Hal ini mengindikasikan peserta didik masih belum memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar juga kurang maksimal. Usaha yang dilakukan untuk mengembangkan motivasi peserta didik diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian bertujuan untuk mengembangkan motivasi dan peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada materi polinomial. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah 33 orang. Objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pengumpulan data melalui angket dan lembar observasi motivasi belajar peserta didik, serta tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pengembangan motivasi dan peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran Think Talk Write (TTW)
Kata kunci: motivasi, hasil belajar, think talk write, polynomial