Description:
Prinsip belajar pada pendidikan anak di taman kanak-kanak (TK) dan sejenisnya (Raudhatul Athfal-RA, Kelompok Bermain-KB usia 4-6 tahun) yaitu belajar melalui bermain dan bermain seraya belajar.
Dengan demikian, prinsip pembelajaran anak usia dini sejatinya bersifat kolaboratif yang tidak hanya menitikberatkan pengembangan pada satu aspek, akan tetapi berorientasi pada pengembangan seluruh aspek perkembangan anak (holistic). Konsekuensinya dalam proses pembelajaran, guru seyogyannya memberikan kebebasan kepada anak dalam melakukan aktivitas belajar dan menstimulasi anak untuk mengembangkan salah satu atau beberapa kecerdasan tertentu (kecerdasan jamak) supaya lebih cakap dan terampil.
Salah satu kegiatan yang memiliki peranan penting dalam kegiatan pendidikan anak usia dini adalah kegiatan penilaian atau asesmen. Asesmen merupakan proses mendokumentasikan keterampilan dan perkembangan anak. Asesmen mengukur level perkembangan anak dan memberikan indikasi tahap perkembangan anak selanjutnya.
Pelaksanaan asesmen tidak luput dari beberapa instrumen alat yang digunakan, salah satunya adalah portopolio. Portopolio merupakan kumpulan fakta-fakta atau hasil pekerjaan serta informasi mengenai apa yang dilakukan anak.
Melalui tulisan ini, penulis ini membahas lebih mendalam tentang penggunaan asesmen portopolio pada pembelajaran anak usia dini dari studi pustaka menggunakan kajian-kajian literatur.
Kata Kunci: asesmen, portopolio, anak usia dini