Description:
Hasil belajar dan keterampilan prosedural siswa masih tergolong sangat rendah, karena pembelajaran di sekolah tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sehingga dilakukan penelitian tentang meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan prosedural siswa dengan melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) keterlaksanaan RPP selama proses belajar mengajar melalui model pengajaran langsung, (2) keterampilan prosedural siswa melalui model pengajaran langsung, (3) hasil belajar siswa melalui model pengajaran langsung. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model hopkins. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP selama proses belajar mengajar melalui model pengajaran langsung meningkat pada siklus I diperoleh skor 3,06 menjadi 3,43 pada siklus II, (2) dan keterampilan prosedural siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 2,60 menjadi 3,35 pada siklus II, (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 69,25% menjadi 84,61% .Diperoleh kesimpulan bahwa model pengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan prosedural siswa.
Kata kunci: Hasil belajar, keterampilan prosedural, model pengajaran langsung