Description:
Pembinaan karakter tanggung jawab dan komunikatif dapat menggunakan model kooperatif, salah satunya adalah tipe Numbered Head Together (NHT) karena setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab dan bekerja sama atas tugas yang diberikan dan melatih kemampuan menyampaikan pendapat.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Membina karakter tanggung jawab siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran NHT, (2) Membina karakter komunikatif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran NHT, (3) Mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran NHT, (4) Mengetahui hubungan karakter tanggung jawab dan komunikatif dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran NHT. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian time series di kelas VIII SMP Negeri 32 Banjarmasin. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif, uji normalitas, dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter tanggung jawab siswa, (2) Penerapan model pembelajaran dalam pembelajaran matematika dapat membina karakter komunikatif siswa, (3) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT mengalami penurunan dan kenaikan disetiap pertemuan, (4) Terdapat hubungan dengan kategori cukup antara karakter tanggung jawab dan karakter komunikatif dengan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), tanggung jawab, dan komunikatif.