Description:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VIII. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu, dimana seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Banjarmasin sebagai populasinya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga diambil kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Adapun untuk pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VIII yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CORE berada pada kriteria cukup, sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelas VIII yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung berada pada kriteria kurang. Model pembelajaran CORE berpengaruh signifikan terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP kelasVIII. Kata kunci: model pembelajaran CORE, koneksi matematis.