Description:
Hasil wawancara dengan guru IPA di SMP Negeri 25 Banjarmasin menyatakan bahwa banyak siswa yang masih pasif dalam pembelajaran di kelas dan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan respon siswa SMP Negeri 25 Banjarmasin kelas VIIC terhadap penerapan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu (quasi experiment) dengan empat kali pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini hanya aktivitas dan respon siswa. Data diambil melalui observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan lembar angket untuk mengetahui respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui aktivitas siswa yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya dan hasil angket respon siswa menunjukkan sebesar 96,88% siswa memberikan respon positif. Adanya aktivitas dan respon yang sangat tinggi diberikan oleh siswa menunjukkan bahwa siswa tersebut berminat dan senang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing.