Description:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mahasiswa pengikut matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP ULM yang mengikuti matakuliah Fisiologi Tumbuhan berjumlah 75 orang. Objek Penelitian adalah penerapan model PjBL dalam matakuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan penilaian unjuk kerja. Data dianalisis dengan teknis analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) didapatkan hasil pada penerapan model pembelajaran PjBL pada mahasiswa pengikut matakuliah Fisiologi Tumbuhan sebesar 81 dari nilai rerata observasi sehingga tergolong baik dan efektif. (2) Pada penilaian produk hasil proyek kelompok didapatkan rerata nilai 81, dinilai dari karya produk-produk inovatif dan variatif yang dihasilkan oleh mahasiswa. Pengalaman membuat proyek yang menghasilkan produk-produk tersebut diharapkan dapat menjadi bekal untuk memasuki lapangan kerja. Penerapan model ini memiliki potensi yang besar untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti lain disarankan untuk meneliti lebih mendalam lagi tentang model pembelajaran PjBL dan dosen maupun guru mampu menerapkannya sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.