Description:
Hasil survey TIMSS dan PISA tentang kemampuan sain (IPA) SMP menunjukan betapa kemampuan peserta didik kita masih memprihatinkan. Harus ada upaya serius untuk memperbaiki kondisi tersebut. Penetapan ilmu kimia sebagai bagian dari pelajaran IPA SMP berpotensi menambah kesulitan peserta didik dalam belajar IPA jika tidak dikembangkan pendekatan yang tepat.Salah satu cara untuk membantu peserta didik memahami dan memudahkan guru dalam mengajarkan konsep dengan mengaitkan materi pelajaran kepada pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang membuat peserta didik tertarik dengan kimia.Penggunaan LKS Berbasis Lingkungan mampu mengubah kondisi pembelajaran, dari peran guru yang “memberikan pengetahuan” menjadi “menyediakan dan memperkaya pengalaman belajar peserta didik”. Pengalaman belajar dapat diperoleh secara efektif melalui serangkaian kegiatan untuk mengeksplorasi lingkungan melalui interaksi aktif dengan teman, lingkungan, dan narasumber lain. Penyajian pembelajaran kimia menggunakan LKS berbasis lingkungan mendekatkan pembelajaran kimia (IPA) dengan pengalaman keseharian peserta didik dan memberi kesempatan partisifasi aktif dari peserta didik sehingga dapat belajar secara efektif dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Kajian ini bersifat deskriptif dan berbasis literatur yang bertujuan mengembangkan LKS berbasis lingkungan untuk meningkatkan keterampilan proses sain, penguasaan konsep dan minat belajar siswa. Hasil kajian berupa rancangan atau pengembangan LKS berbasis Lingkungan pada materi kimia SMP