Description:
Kompetensi Dasar Keilmuan (KDK) mahasiswa pendidikan fisika FKIP Unlam sebagai calon guru fisika masih relatif rendah. Hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian tindakan kelas terhadap mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unlam yang memprogramkan mata kuliah Fisika dasar II tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini mengikuti Prosedur penelitian tindakan kelas oleh Kemmis, McTaggart & Nixon dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi-diskusi diperoleh:
(1) aktivitas mahasiswa dalam pemecahan masalah rata-rata berkategori baik,
(2) kompetensi dasar keilmuan mahasiswa mengalami peningkatan dan berkategori tuntas,
(3) hasil belajar mahasiswa memperoleh ketuntasan secara klasikal dengan persentase ketuntasan secara individu mencapai 95% .
Kata-kata Kunci: pembelajaran langsung, kompetensi dasar keilmuan.