Repo Dosen ULM

PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DEMONSTRASI-DISKUSI PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR KEILMUAN MAHASISWA

Show simple item record

dc.creator Salam M., Abdul
dc.creator Miriam, Sarah
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:43Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:43Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1627/1/6c%20Artikel%20Prosiding%20%281%29.pdf
dc.identifier Salam M., Abdul and Miriam, Sarah PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DEMONSTRASI-DISKUSI PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR KEILMUAN MAHASISWA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN "Penguatan Pendidikan Berbasis Karakter melalui Peran Pendidik untuk Mewujudkan Generasi Emas Indonesia". ISSN 978-602-6483-28-7
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10197
dc.description Kompetensi Dasar Keilmuan (KDK) mahasiswa pendidikan fisika FKIP Unlam sebagai calon guru fisika masih relatif rendah. Hal inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian tindakan kelas terhadap mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unlam yang memprogramkan mata kuliah Fisika dasar II tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini mengikuti Prosedur penelitian tindakan kelas oleh Kemmis, McTaggart & Nixon dan dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi-diskusi diperoleh: (1) aktivitas mahasiswa dalam pemecahan masalah rata-rata berkategori baik, (2) kompetensi dasar keilmuan mahasiswa mengalami peningkatan dan berkategori tuntas, (3) hasil belajar mahasiswa memperoleh ketuntasan secara klasikal dengan persentase ketuntasan secara individu mencapai 95% . Kata-kata Kunci: pembelajaran langsung, kompetensi dasar keilmuan.
dc.format text
dc.publisher Lambung Mangkurat University Press, 2017
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1627/
dc.subject L Education (General)
dc.title PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DEMONSTRASI-DISKUSI PADA PERKULIAHAN FISIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR KEILMUAN MAHASISWA
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account