Description:
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan besar pengaruh (effect size/ ES) strategi-strategi pembelajaran terhadap hasil belajar fisika dilihat dari jenis strategi pembelajaran dan jenjang pendidikan. Langkah-langkah penelitian meliputi proses pengumpulan studi primer, seleksi studi primer dan analisis data. Penelitian ini menyertakan 23 studi primer yang memunculkan 29 sub-studi sebagai subjek penelitian. Temuan penelitian berupa: (a) ES rata-rata berkategori besar untuk delapan jenis strategi pembelajaran, berkategori sedang untuk lima jenis strategi, dan berkategori kecil untuk dua jenis strategi, (b) ES rata-rata berkategori besar pada jenjang sekolah menengah pertama dan perguruan tinggi, dan berkategori sedang pada jenjang sekolah menengah atas. Hasil meta-analisis ini mendukung keefektifan strategi-strategi non-konvensional dalam pembelajaran fisika dengan Efek Gabungan rata-rata yang besar senilai 1,020.
Kata-kata Kunci: fisika, meta-analisis, hasil belajar, besar pengaruh