Description:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara pola asuh demokratis dengan perilaku prososial, kecerdasan emosional dengan perilaku prososial, serta pola asuh demokratis dan kecerdasan secara bersama-sama dengan perilaku prososial pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Jumlah populasi penelitian adalah 250 orang dengan sampel 75 siswa SMA Negeri 11 Banjarmasin yang berada pada rentang usia remaja tengah (15-17 tahun). Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis peneitian menggunakan analisis regresi untuk menganalisis hubungan masing-masing variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y, serta hubungan variabel X1 dan X2 dengan Y secara bersama-sama. Hasil analisis regresi menggunakan SPSS versi 17.0 menunjukan nilai koefisien F = 18,581 > F tabel = 3,314 dan nilai R = 0,609, yang artinya terdapat hubungan dengan kategori kuat antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan perilaku prososial pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Sumbangan efektif kedua variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukan dari nilai R2 = 0,371 yang artinya variabel pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan peranan sebesar 37,1% terhadap perilaku prososial.
Kata Kunci: pola asuh demokratis, kecerdasan emosional, perilaku prososial, remaja tengah