Repo Dosen ULM

Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin

Show simple item record

dc.creator Sulistiyana, Sulistiyana
dc.date 2017-03
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:57:26Z
dc.date.available 2020-06-15T03:57:26Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1435/1/Jurnal%20BK%20FITRAH%20NO.%201%20VOL.%202%20MARET%202017.pdf
dc.identifier Sulistiyana, Sulistiyana (2017) Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Fitrah, 1 (2). pp. 6-14. ISSN 2541-6073
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/10020
dc.description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara pola asuh demokratis dengan perilaku prososial, kecerdasan emosional dengan perilaku prososial, serta pola asuh demokratis dan kecerdasan secara bersama-sama dengan perilaku prososial pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan jenis korelasi. Jumlah populasi penelitian adalah 250 orang dengan sampel 75 siswa SMA Negeri 11 Banjarmasin yang berada pada rentang usia remaja tengah (15-17 tahun). Teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis peneitian menggunakan analisis regresi untuk menganalisis hubungan masing-masing variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y, serta hubungan variabel X1 dan X2 dengan Y secara bersama-sama. Hasil analisis regresi menggunakan SPSS versi 17.0 menunjukan nilai koefisien F = 18,581 > F tabel = 3,314 dan nilai R = 0,609, yang artinya terdapat hubungan dengan kategori kuat antara pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan perilaku prososial pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin. Sumbangan efektif kedua variabel bebas terhadap variabel terikat ditunjukan dari nilai R2 = 0,371 yang artinya variabel pola asuh demokratis dan kecerdasan emosional secara bersama-sama memberikan peranan sebesar 37,1% terhadap perilaku prososial. Kata Kunci: pola asuh demokratis, kecerdasan emosional, perilaku prososial, remaja tengah
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1435/
dc.subject L Education (General)
dc.title Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Prososial pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Banjarmasin
dc.type Article
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account