Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CARTOON STORY MAKER

Show simple item record

dc.creator Mansyur, Mansyur
dc.date 2015-11-27
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:59Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:59Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/1227/1/Prosiding%20APPS%202016.pdf
dc.identifier Mansyur, Mansyur (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CARTOON STORY MAKER. In: Seminar Nasional Dan Pertemuan Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah "Pendidikan Sejarah Untuk Menyiapkan Generasi Emas Indonesia 2050", 27-28 November 2015, Banjarmasin.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9696
dc.description Permasalahan yang masih sering terjadi dalam pembelajaran diantaranya adalah kecenderungan hanya mementingkan aspek kognitif saja dan kurang memandang persoalan motivasi belajar siswa. Hal ini juga terjadi pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTS) terutama pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kurangnya motivasi siswa untuk belajar IPS dikarenakan kurang kreatifnya guru dalam mengajar dan kurangnya media. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran bagi guru-guru SMP/MTS dengan peman-faatan program cartoon story maker. Cartoon story maker adalah program aplikasi presentasi yang memiliki kemampuan membuat animasi yang kompleks dalam waktu cepat. Apabila di dalam Macromedia Flash dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk membuat animasi yang kompleks, cartoon story maker memungkinkan untuk membuatnya dengan mudah tanpa kendala waktu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Dalam penelitian pengembangan ini digunakan model prosedural karena dianggap cocok dengan tujuan pengembangan yang ingin dicapai yaitu untuk menghasilkan suatu produk dan menguji kelayakan produk yang dihasilkan dimana untuk mencapai tujuan tersebut harus melalui langkah-langkah tertentu yang harus dikuti untuk menghasilkan produk tertentu. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pada penelitian pengembangan ini menghasilkan suatu produk media cartoon story maker pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan langkah yang dilakukan, yaitu planning (perencanaan), design (tujuan) dan development (pengembangan).
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/1227/
dc.subject D839 Post-war History, 1945 on
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DENGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CARTOON STORY MAKER
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account