Repo Dosen ULM

Pemodelan Sistem Kendali Irigasi Drip Untuk Budidaya Tanaman Kedelai Berbasis Analisis Evapotranspirasi Penman Monteith

Show simple item record

dc.creator Adi Widyanto, Susilo
dc.creator Hidayatno, Achmad
dc.creator Sahid, Sahid
dc.creator Romansyah, Romansyah
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:47Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:47Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/842/1/TI-20.pdf
dc.identifier Adi Widyanto, Susilo and Hidayatno, Achmad and Sahid, Sahid and Romansyah, Romansyah (2015) Pemodelan Sistem Kendali Irigasi Drip Untuk Budidaya Tanaman Kedelai Berbasis Analisis Evapotranspirasi Penman Monteith. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9515
dc.description Perubahan iklim yang semakin ekstrim ditandai dengan kenaikan temperatur bumi dan ketidak-teraturan musim yang berdampak pada penurunan produktivitas sektor pertanian. Pada sisi yang lain, beban demografi terus bertambah sedangkan lahan pertanian semakin menyusut. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi dalam sektor pertanian merupakan hal yang segera dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas bahan pangan. Paper ini mengusulkan suatu metode penghitungan kebutuhan air irigasi pada satu musim panen untuk tanaman kedelai yang dimodelkan dalam bentuk sistem kendali irigasi sehingga dapat menghemat penggunaan air irigasi. Model yang dikembangkan didasarkan pada persamaan Penman Monteith untuk menghitung evapotranspirasi referensi dengan menggunakan parameter temperatur, kelembaban, kecepatan angin dan radiasi netto. Sebagai tahap awal, perhitungan kebutuhan air dilakukan secara manual untuk menentukan pengaruh setiap parameter masukan terhadap proses evapotranspirasi. Selanjutnya hasil perhitungan tersebut akan digunakan untuk memvalidasi pemodelan sistem kendali yang menggunakan Matlab-Simulink. Dengan menggunakan data hasil pengukuran cuaca selama 24 jam, model yang dikembangkan akan digunakan untuk mengestimasi kondisi evapotranspirasi lokasi yang akan digunakan sebagai pilot project budidaya tanaman kedelai sehingga dapat ditentukan kebutuhan air irigasinya pada satu musim panen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada tempratur 22oC dan kelembaban 83%, evapotranspirasi menurun pada kenaikan kecepatan angin, sedangkan pada temperatur 39 kelembaban 45%, kecepatan angin mendorong terjadinya proses evapotranspirasi. Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa proses evapotranspirasi maksimum terjadi pada siang hari antara pukul 13.00 s/d 14.00 WIB pada harga 2,2 mm/jam dan evapotranspirasi minimum terjadi pada pukul 00.00 s/d 01.00 pada harga 0,1 mm/jam. Kata Kunci: PENMAN MONTEITH, EVAPOTRANSPIRASI, BUDIDAYA TANAMAN, KEDELAI, RADIASI NETTO.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/842/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title Pemodelan Sistem Kendali Irigasi Drip Untuk Budidaya Tanaman Kedelai Berbasis Analisis Evapotranspirasi Penman Monteith
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account