Repo Dosen ULM

PENGEMBANGAN MODEL PROSES PRODUKSI BATA RINGAN (Autoclaved Aerated Concreated / AAC) DALAM MENDUKUNG KUALITAS PRODUKSI

Show simple item record

dc.creator Suradi, Suradi
dc.creator Abbas, Hammada
dc.creator Tjaronge, Wihardi
dc.creator Sampebulu, Victor
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:46Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:46Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/841/1/TI-19.pdf
dc.identifier Suradi, Suradi and Abbas, Hammada and Tjaronge, Wihardi and Sampebulu, Victor (2015) PENGEMBANGAN MODEL PROSES PRODUKSI BATA RINGAN (Autoclaved Aerated Concreated / AAC) DALAM MENDUKUNG KUALITAS PRODUKSI. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9512
dc.description Dalam bidang industri konstruksi, proses produksi bata ringan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan produktivitas industri tersebut agar menghasilkan kualitas bata ringan yang sesuai standar dan jadwal yang telah direncanakan. Untuk menjaga agar produktivitas tetap stabil dan meningkatkan sumber daya untuk mendukungnya, penelitian ini akan menekankan pada pengembangan sektor produksi industri dalam pembuatan bata ringan dimana produksi ini memiliki kontribusi yang sangat penting dalam pembangunan gedung, jembatan dan jalan namun produksi bata ringan belum mampu memenuhi permintaan pasar dimana kapasitas produksi yang dihasilkan hanya mampu memproduksi sebanyak 140 m3/hari. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab beberapa masalah untuk menganalisa waktu baku proses I. Bata Ringan (Autoclaved Aerated Concreated / AAC) dalam mendukung kualitas produksi. Hasil penelitian pada Produksi bagian proses I Hasil pengolahan dari data waktu operasi adalah waktu standar yang dapat digunakan sebagai dasar perhitungan produktivitas kerja operator. Waktu baku selama 14,99 jam untuk menyelesaikan 8 ton campuran pada proses I. produktivitas kerja operator untuk kondisi sekarang adalah waktu baku 14.99 jam per 8 ton diperoleh 0.533 ton/jam dengan target perhari 1 kali siklus. Kata Kunci: Waktu Produksi, Bata ringan.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/841/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title PENGEMBANGAN MODEL PROSES PRODUKSI BATA RINGAN (Autoclaved Aerated Concreated / AAC) DALAM MENDUKUNG KUALITAS PRODUKSI
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account