Repo Dosen ULM

Masalah dalam Pembelajaran Gambar Teknik dan Gambar Mesin di Perguruan Tinggi Teknik Mesin di Indonesia serta Usulan Solusinya

Show simple item record

dc.creator Djodikusumo, Indra
dc.creator Hakim Masyhur, Abdul
dc.creator Suharto, Djoko
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:41Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:41Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/824/1/PTM-05.pdf
dc.identifier Djodikusumo, Indra and Hakim Masyhur, Abdul and Suharto, Djoko (2015) Masalah dalam Pembelajaran Gambar Teknik dan Gambar Mesin di Perguruan Tinggi Teknik Mesin di Indonesia serta Usulan Solusinya. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9442
dc.description Gambar teknik dan mesin merupakan bahasa (komunikasi) profesi teknik mesin. Oleh sebab itu gambar teknik dan mesin selalu digunakan di sepanjang siklus umur produk, mulai dari ide hingga pengoperasian dan pemeliharaan, sampai dengan pendaur ulangan produk tersebut. ISO (International Organization for Standardization) dan ASME (The American Society of Mechanical Engineers) menyiapkan standar tentang gambar teknik. Standar gambar teknik ISO bersumber pada DIN 6 (Deutsche Industrie Normung). Saat ini pembelajaran tentang gambar teknik dan mesin di pendidikan tinggi teknik mesin, khususnya di Indonesia, menghadapi berbagai masalah. Salah satu sebab utamanya adalah perkembangan industri di Indonesia yang hanya berfungsi sebagai “operator” kepanjangan tangan dari industri yang sudah mapan di dunia. Akibatnya penggunaan ilmu gambar teknik dan mesin dalam praktek industri juga tidak mendalam sehingga tidak menggairahkan dosen maupun mahasiswa untuk belajar lebih lanjut. Dalam makalah ini dibahas strategi pembelajaran gambar teknik dan gambar mesin untuk menghasilkan lulusan yang persyaratan kompetensinya bervariasi, dari yang berfungsi sebagai operator untuk menjalankan industri yang merupakan kepanjangan tangan principal-nya hingga yang bisa menjadi perancang produk profesional. Strategi yang diusulkan tersebut dikaitkan dengan kurikulum yang hanya 144 SKS serta mata kuliah yang langsung ataupun tidak langsung berhubungan dengan gambar teknik dan mesin. Kata kunci : Gambar Teknik, Gambar Mesin, Standar ISO, Standar ASME, Strategi Pembelajaran, Perencanaan dan Pelaksanaan Kurikulum dan Silabus.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/824/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title Masalah dalam Pembelajaran Gambar Teknik dan Gambar Mesin di Perguruan Tinggi Teknik Mesin di Indonesia serta Usulan Solusinya
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account