Repo Dosen ULM

PENINGKATAN KEANDALAN PADA DRIVE STATION ALAT ANGKUT REL KONVEYOR DENGAN METODE FAILURE MODE, EFFECT and CRITICALITY ANALIYSIS (FMECA)

Show simple item record

dc.creator Mulyasari Sumarta, Dewi
dc.creator Suweca, I Wayan
dc.creator Setiawan, Rachman
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:39Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:39Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/814/1/MT%2084.pdf
dc.identifier Mulyasari Sumarta, Dewi and Suweca, I Wayan and Setiawan, Rachman (2015) PENINGKATAN KEANDALAN PADA DRIVE STATION ALAT ANGKUT REL KONVEYOR DENGAN METODE FAILURE MODE, EFFECT and CRITICALITY ANALIYSIS (FMECA). In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9411
dc.description Salah satu moda transportasi angkutan batubara dengan biaya satuan rupiah per ton per km yang paling ekonomis, sampai dengan rentang jarak 100 km, adalah teknologi rel konveyor. Sebagai target, rel konveyor diharapkan dapat mengangkut hingga 2,5 juta ton/tahun. Rel konveyor terdiri dari 8 sub sistem, salah satunya adalah drive station yang merupakan komponen penggerak dari rel konveyor yang dipasang pada lokasi-lokasi tertentu. Untuk mencapai target angkut di atas, drive station sebagai komponen utama diharapkan memiliki keandalan yang memadai. Analisis diawali dengan pengumpulan data, lalu dilanjutkan dengan penerapan proses FMECA dan perhitungan keandalan dengan waktu observasi yang seragam, serta tahap akhir adalah bagaimana upaya meningkatkan keandalan tersebut. Hasil analisis dari 21 sub komponen dan 18 part, sub komponen baterai isi ulang yang memiliki nilai kekritisan tertinggi 0,093 dengan nilai keandalan 91,4 %. Untuk menurunkan nilai kekritisan dengan cara menaikkan keandalan, tiga usulan direkomendasikan yaitu (1) Mengganti sub komponen atau part dengan komponen yang memiliki keandalan yang lebih tinggi, dan/atau (2) Pemasangan sistem secara redundancy, dan/atau (3) Menurunkan waktu observasi dengan pemeriksaan dan pemeliharaan berkala. Untuk sub komponen baterai isi ulang, alternatif pertama dan ketiga yang dapat diterapkan, dan memberikan penurunan nilai kekritisan masing-masing sebesar 0,018 dan 0,022 dengan nilai keandalan masing-masing 97,3 % dan 97,7 %. Kata kunci : Keandalan, Rel konveyor, Drive Station, FMECA, waktu observasi, redundancy
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/814/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title PENINGKATAN KEANDALAN PADA DRIVE STATION ALAT ANGKUT REL KONVEYOR DENGAN METODE FAILURE MODE, EFFECT and CRITICALITY ANALIYSIS (FMECA)
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account