dc.creator |
A.S, Danardono |
|
dc.creator |
Prayogo, Gatot |
|
dc.creator |
Sugiharto, Sugiharto |
|
dc.creator |
N., Teguh |
|
dc.creator |
Nuryadi, Kusnan |
|
dc.date |
2015-10-07 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:56:21Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:56:21Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/735/1/MT%2017.pdf |
|
dc.identifier |
A.S, Danardono and Prayogo, Gatot and Sugiharto, Sugiharto and N., Teguh and Nuryadi, Kusnan (2015) Desain Awal Rig untuk Pengujian Frame Bogie Kereta Monorel Jenis Straddle Produk Industri Lokal. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9183 |
|
dc.description |
Pengujian merupakan parameter untuk menilai suatu desain struktur baik dengan pembebanan statik maupun dinamik, proses pengujian merupakan suatu tahapan yang wajib untuk
dilakukan untuk menilai kekuatan dan keandalan strukturnya. Dalam paper akan dibahas proses desain awal dari rig pemegang benda uji dalam proses pengujian frame bogie monorel. Rig harus memiliki sifat lebih kaku dari benda uji, hal ini dilakukan agar pada saat proses pengujian defleksi yang terjadi hanya terjadi pada benda uji, sehingga defleksi yang terukur hanya defleksi yang
terjadi pada benda uji. Selain itu rig harus dirancang mampu mengang benda uji secara kuat dan tidak lepas disaat dilakukan proses pengujian dilangsungkan. Standar pengujian yang dirujuk dalam paper ini adalah EN 13749;2011. Proses desain dimulain dengan pembuatan model CAD dari tiap komponen struktur rig yang sedang dirancang, dilanjutkan dengan analisis CAE dilakukan dengan metoda elemen hingga untuk melihat kekuatan struktur rig dan sebagai dasar optimasi dari pemilihan bentuk profil dan material struktur rig yang akan dibuat. Hasil analisis yang dilakukan secara numerik dengan bantuan perangkat lunak, untuk pengujian dengan beban horizontal sebesar 2 ton defleksi yang terjadi pada rig jika dibuat dengan menggunakan baja SS400 dengan profil C
150x75 mm defleksi yang terjadi pada rig hanya 0,08 mm. Sedangkan untuk pengujian dengan beba vertikal dengan beban sebesar 9 ton defleksi yang terjadi hanya 0,88 mm.
Kata kunci : Rig, frame, bogie, monorel, straddle |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/735/ |
|
dc.subject |
TJ Mechanical engineering and machinery |
|
dc.title |
Desain Awal Rig untuk Pengujian Frame Bogie Kereta Monorel Jenis Straddle Produk Industri Lokal |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|