Repo Dosen ULM

Simulasi numerik rekonstruksi kebakaran di kapal

Show simple item record

dc.creator Hendar Adiwibowo, Bondan
dc.creator Agung Santoso, Muhammad
dc.creator Ady Nugroho, Firman
dc.creator S. Nugroho, Yulianto
dc.date 2015-11-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:19Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:19Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/730/1/MT%2012.pdf
dc.identifier Hendar Adiwibowo, Bondan and Agung Santoso, Muhammad and Ady Nugroho, Firman and S. Nugroho, Yulianto (2015) Simulasi numerik rekonstruksi kebakaran di kapal. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/9163
dc.description Kebakaran merupakan fenomena kompleks tidak terkendali yang merupakan interaksi antara aliran fluida udara sekitar, transfer panas dan massa, struktur bangunan, dan reaksi kimia bahan mampu bakar. Karena sifatnya yang tidak terkendali, kebakaran dapat menimbulkan kerugian jiwa dan properti yang sangat memprihatinkan. Salah satu kejadian kebakaran yang mengkhawatirkan adalah kebakaran yang terjadi di kapal. Tindakan penanggulangan dapat direncanakan, salah satunya, dengan berlandaskan kejadian kebakaran yang telah terjadi. Simulasi numerik fenomena kebakaran sebagai alat studi dan rekayasa teknik merupakan salah satu perangkat yang dapat membantu kegiatan investigasi untuk rekonstruksi kebakaran. Pada studi ini, simulasi numerik dilakukan dengan menggunakan paket piranti lunak Fire Dynamic Simulator versi 5.0 (FDS V5) yang dibuat dan dikompilasi oleh National Institute of Science and Technology (NIST) Amerika Serikat. Rekonstruksi kebakaran dengan menggunakan perangkat numerik yang dilakukan pada studi ini adalah rekonstruksi kebakaran yang terjadi di kamar mesin KM Salvia. Dengan demikian, skenario simulasi numerik kebakaran disesuaikan dengan penyebab kebakaran dari hasil investigasi. Sesuai dengan hasil investigasi, simulasi numerik memodelkan penyebab kebakaran berupa bahan bakar solar yang mengalir keluar akibat adanya kebocoran pada pipa bahan bakar tekanan tinggi yang kemudian terbakar setelah aliran gas jenuh bahan bakar bersinggungan dengan bagian manifold gas buang yang tidak terisolasi dengan baik. Studi pengaruh instalasi sistem kabut air juga dilakukan pada studi ini sebagai rekomendasi tambahan untuk desain proteksi kebakaran di kapal. Kata kunci : kapal, rekonstruksi kebakaran, simulasi numerik, investigasi kebakaran kapal, KM Salvia
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/730/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title Simulasi numerik rekonstruksi kebakaran di kapal
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account