Repo Dosen ULM

Studi Eksperimen Sifat Mekanis Hibrid Komposit Epoxy dengan Penguat Serat Karbon dan Serat Basalt pada Beban Tarik

Show simple item record

dc.creator Subagia, I.D.G Ary
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:56:06Z
dc.date.available 2020-06-15T03:56:06Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/691/1/Material%2017.pdf
dc.identifier Subagia, I.D.G Ary (2015) Studi Eksperimen Sifat Mekanis Hibrid Komposit Epoxy dengan Penguat Serat Karbon dan Serat Basalt pada Beban Tarik. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8987
dc.description Penelitian ini telah merancang material hibrid komposit dengan menggunakan dua jenis serat sebagai hibrid yang diikat dengan epoxy. Kedua serat tersebut adalah serat carbon dan serat basalt dengan struktur anyaman tunggal. Komposit difabrikasi dengan menggunakan cetakan vacuum resin transfer (vacuum assisted resin transfer molding, VARTM). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sifat mekanis dari material komposit terhadap pembebanan tarik (tensile) berdasarkan pada variasi jumlah serat basalt dan susunannya pada komposit epoxy dengan penguat serat karbon yang diuji berdasarkan pada standar ASTM 638 dan ASTM D 3039. Pengujian dilakukan pada benda kerja hibrid komposit yang didasarkan pada variasi susunan laminasi. Selain itu sebagai kontrol dipergunakan komposit dengan serat carbon (carbon fiber reinforced polymer, CFRP dan basalt fiber reinforced polymer, BFRP) Sifat mekanis berupa tegangan tarik (tensile strength) dan modulus of elasticity komposit dianalisa. Hasil pengujian menunjukkan perubahan tegangan dan strain yang signifikan dimana dengan susunan berurutan tegangan tarik dan modulus elastisitas serta durability hibrid komposit meningkat. peningkatan jumlah serat basalt hibrid dengan serat karbon, terjadi penurunan tegangan tarik. Namun, strain dari hibrid komposit meningkat. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa bahwa hibridisasi serat basalt dapat signifikan mempengaruhi dan meningkatkan durabiliti CFRP, dan menurunkan nilai produksi karena serat basalt murah serta ramah lingkungan. Kata kunci : Hibrid Komposit, Serat Carbon, Serat Basalt, Uji Tensil, Brittle, debounding, pulllout.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/691/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title Studi Eksperimen Sifat Mekanis Hibrid Komposit Epoxy dengan Penguat Serat Karbon dan Serat Basalt pada Beban Tarik
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account