Repo Dosen ULM

KAJI TEORITIK KONSUMSI LPG SEBAGAI SUMBER PANAS PADA PETERNAKAN AYAM BROILERTIPE KANDANG TERTUTUP (CLOSED HOUSE)

Show simple item record

dc.creator Sofia, Evi
dc.creator Abdurrachim, Abdurrachim
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:37Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:37Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/605/1/KE-24.pdf
dc.identifier Sofia, Evi and Abdurrachim, Abdurrachim (2015) KAJI TEORITIK KONSUMSI LPG SEBAGAI SUMBER PANAS PADA PETERNAKAN AYAM BROILERTIPE KANDANG TERTUTUP (CLOSED HOUSE). In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8573
dc.description Pemeliharaan ayam sejak berumur satu hari (day old chicken/doc) sampai masa panen memerlukan waktu ± 32 hari di dalam kandang yang dikondisikan pada temperatur yang bervariasi antara 32- 34°C pada minggu pertama dan diturunkan perlahan-lahan menjadi 31-32°C pada minggu kedua dan pada minggu ketiga sampai panen temperatur dijaga sekitar 27°C. Pemeliharaan ayam sejak berumur satu hari sampai dengan minggu ke dua disebut masa brooding. Untuk menjaga temperatur agar sesuai dengan yang dibutuhkan pada masa brooding, maka diperlukan alat untuk memanaskan kandang tersebut. Kajian dilakukan pada kandang ayam tipe tertutup (closed house) yang terdapat di daerah Singaparna Tasikmalaya yang mempunyai temperatur lingkungan rata-rata 30°C pada siang hari dan 22°C pada malam hari. Kandang ayam tipe tertutup (closed house) merupakan inovasi baru kandang ayam modern, yang lebih efisien dan efektifitas keberhasilan panen ayamnya tinggi. Kandang ayam tersebut memiliki ukuran 100 m × 12 m yang dapat menampung 15.500 ekor ayam. Pemanas yang digunakan adalah pemanas berbahan bakar gas LPG berukuran 12 kg. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi gas LPG per hari dan konsumsi gas selama massa brooding. Kajian diawali dengan menentukan temperatur rata-rata per hari, menentukan sistem, menyusun kesetimbangan energi kandang (untuk mengetahui energi yang masuk dan keluar sistem) dan membandingkan penggunaan tabung LPG secara teoritik dengan penggunaan tabung LPG sebenarnya. Dari hasil kajian diperoleh bahwa konsumsi LPG maksimum terjadi pada hari pertama yaitu sebanyak 7,8 tabung atau setara dengan 49 kW. Dan jumlah tabung LPG yang digunakan selama masa brooding adalah sebanyak 57 tabung, sedangkan penggunaan LPG maksimum di hari pertama dalam kondisi yang sebenarnya adalah 8 tabung atau sekitar 51 kW. Kata kunci: day old chicken, brooding, closed house,konsumsi LPG
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/605/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title KAJI TEORITIK KONSUMSI LPG SEBAGAI SUMBER PANAS PADA PETERNAKAN AYAM BROILERTIPE KANDANG TERTUTUP (CLOSED HOUSE)
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account