dc.creator |
Budi Syaka, Darwin Rio |
|
dc.creator |
Fata Amaly, Umeir |
|
dc.creator |
Kholil, Ahmad |
|
dc.date |
2015-10-07 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:55:36Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:55:36Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/602/1/KE-21.pdf |
|
dc.identifier |
Budi Syaka, Darwin Rio and Fata Amaly, Umeir and Kholil, Ahmad (2015) Mesin Kompresi Udara Untuk Aplikasi Alat Transportasi Ramah Lingkungan Bebas Polusi. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8558 |
|
dc.description |
Tingkat pencemaran udara khususnya di Jakarta menjadi permasalah yang cukup serius pada saat ini. Pencemaran ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan jumlah penggunaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi berbahan bakar minyak selama ini berdampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu kendaraan yang menghasilkan polusi udara terbesar adalah mesin motor
bakar 2 langkah. Hal ini terjadi karena pembakaran oli samping dan gas ikut terbuang langsung melalui saluran pembuangan (exhaust) pada saat langkah pembilasan. Sehingga tujuan penelitian ini
adalah mengubah mesin motor bakar 2 langkah menjadi mesin dengan sumber penggerak udara
bertekanan tanpa adanya proses pembakaran.
Penelitian ini akan memodifikasi mesin motor bakar 2 langkah dengan pembakaran internal 110 cm3 menjadi mesin yang menggunakan tenaga tekanan udara sebagai sumber energi utama dengan memodifikasi lubang busi dan menggantinya dengan konektor yang digunakan sebagai
saluran masuk udara bertekanan. Udara bertekanan ke ruang silinder diatur dengan menggunakan selenoid valve yang bekerja sesuai dengan diagram gerakan piston menggunakan sensor infrared yang dipasang pada bagian poros di magnet generator. Variasi yang dilakukan pada Pengujian mesin kompresi udara adalah pada sudut bukaan katup solenoid 3o dan 5o sebelum titik mati atas (TMA). Data-data yang diukur berupa tekanan udara masuk dari 3 bar – 8 bar, tachometer untuk putaran yang dihasilkan dan Prony breake untuk mendapatkan output torsi, Hasil penelitian ini menunjukan daya maksimal dihasilkan pada tekanan udara yang sama yaitu 8 bar, untuk daya mesin kompresi udara dengan sudut bukaan katup selenoid 3o setelah TMA adalah 1,01 Kw pada putaran mesin 1225,67 Rpm dengan torsi maksimal 12,64 Nm pada putaran mesin 624 Rpm. Untuk daya mesin kompresi udara dengan sudut bukaan katup 5o
setelah TMA adalah 0,96 Kw pada putaran mesin 966,33 Rpm dengan torsi maksimal yang dihasilkan adalah 12,64 Nm pada putaran mesin 660,33 Rpm.
Kata kunci : Mesin kompresi udara, Katup selenoid, Sudut derajat, Daya, Torsi |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/602/ |
|
dc.subject |
TJ Mechanical engineering and machinery |
|
dc.title |
Mesin Kompresi Udara Untuk Aplikasi Alat Transportasi Ramah
Lingkungan Bebas Polusi |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|