Repo Dosen ULM

PENGGUNAAN GAS SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR BERMESIN INJEKSI

Show simple item record

dc.creator Arijanto, Arijanto
dc.creator Irfani Usman, M. Bimo
dc.date 2015-10-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:33Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:33Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/593/1/KE-10.pdf
dc.identifier Arijanto, Arijanto and Irfani Usman, M. Bimo (2015) PENGGUNAAN GAS SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR BERMESIN INJEKSI. In: Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin Indonesia XIV, 7-8 OKTOBER 2015, BANJARMASIN.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8514
dc.description Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia telah mencapai 100 juta unit dan 85 % di dominasi olehsepeda motor,bertambah 10 juta unit sepeda motor dan 1 juta unit mobil pertahun, peningkatan tiap tahun cukup besar Hal ini mengakibatkan polusi udara dan persediaan minyakbumi semakin menipis sehingga mendorong manusia mencari bahan bakar lain. Berbagai penelitian dilakukan untuk mencari bahan bakar alternatif selain bahan bakar minyak. Bahan bakar yang sebelumnya tidak diperhitungkan sebagai bahan bakar diuji coba dan dikaji kelayakannya sebagai bahan bakar alternatif. Gas LPG (Liquified Petroleum Gasses) adalah salah satu bahan bakar yang layak digunakan sebagai bahan bakar alternatif. LPG adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. Komponen utama LPG terdiri dari Hidrokarbon ringan berupa Propana (C3H8) dan Butana (C4H10), serta sejumlah kecil Etana (C2H6) dan Pentana (C5H12). Keuntungan penggunaan LPG adalah emisi gas buang yang ramah lingkungan. Disamping itu, persediaan gas alam di Indonesia masih cukup banyak bila dibandingkan dengan persediaan minyak bumi, dan bahan bakar gas Methan (yang bisa di buat dalam proses industri, sehingga merupakan energi terbarukan) juga akan di uji pada tahap berikutnya,. Pengujian dilakukan pada mesin sepeda motor Verza injeksi, dengan variasi putaran mesin, menggunakan bahan bakar premium dan gas LPG. Pada pengujiaan pengukuran emisi gas buang menggunakan alat Gas Analyzer Stargas mod 898 dan pengukuran daya torsi. Dari hasil pengujian pengunaan LPG menurunkan kadar CO sebesar 14 % sampai 25 % dan kadar HC sampai 50 %. Blue gaz mengalami penurunan kadar CO sebesar 26,16% sampai 80,92 %. Demikian juga setelah dilakukan pengujian torsi pengereman didapatkan nilai torsi maksimum pertamax sebesar 23,45 N.m dan Gas LPG sebesar 22,8 N.m serta Blue gas Sebesar 22 N.m. Untuk Nilai daya yang dicapai pada nilai maksimum adalah Sebesar 2,65 KW untuk pertamax, 2,55 KW untuk gas LPG, dan 2,45 KW untuk Blue Gas, sehingga berdasarkan hasil pengujian ini bahan bakar bakar gas dapat digunakan jika minyak bumi habis, dengan harapan pengujian selanjutnya menggunakan motor injeksi akan lebih hemat bahan bakar serta lebih ramah lingkungan. Kata Kunci : bahan bakar gas, LPG, sepeda motor injeksi. I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pemanasan global dan pencemaran udara akibat polusi
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/593/
dc.subject TJ Mechanical engineering and machinery
dc.title PENGGUNAAN GAS SEBAGAI BAHAN BAKAR PADA SEPEDA MOTOR BERMESIN INJEKSI
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account