Repo Dosen ULM

Konservasi Tanah dan Air Dalam Rangka Peningkatan Sumberdaya Alam di DAS Batulicin Provinsi Kalimantan Selatan

Show simple item record

dc.creator Badaruddin, Badaruddin
dc.creator Karta, Sirang
dc.creator Eko Rini, Indrayati
dc.creator Damaris, Payung
dc.creator Syarifuddin, Kadir
dc.creator Ichsan, Ridwan
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:19Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:19Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/500/1/Konservasi%20Tanah%20dan%20Air%20Dalam%20Rangka%20Peningkatan%20Sumberdaya%20Alam%20di%20DAS%20Batulicin%20Provinsi%20Kalimantan%20Selatan%20eprints.ulm.ac.id500.pdf
dc.identifier Badaruddin, Badaruddin and Karta, Sirang and Eko Rini, Indrayati and Damaris, Payung and Syarifuddin, Kadir and Ichsan, Ridwan Konservasi Tanah dan Air Dalam Rangka Peningkatan Sumberdaya Alam di DAS Batulicin Provinsi Kalimantan Selatan. In: Biodiversitas , Seminar Nasional Biodiversitas 2015. (Submitted)
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8314
dc.description Sumber daya air sangat potensial bagi kehidupan manusia. Kegunaan air meliputi penggunaan di bidang pertanian, industri, rumah tangga, rekreasi, dan aktivitas lingkungan. Kerusakan hutan dan lahan yang berdampak pada penurunan daya resap air dan peningkatan limpasan air permukaan, sehingga menimbulkan berbagai bencana banjir, tanah longsor dan kekeringan. Rendahnya sumberdaya air dapat menurunkan produktivitas lahan pertanian yang pada gilirannya menurunkan pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan:1) mengetahui karakteristik Sumberdaya DAS; 2) menentukan upaya peningkatan sumberdaya alam. Penelitian ini diharpakan bermanfaat untuk pengembangan pertanian lahan kering di DAS Batulicin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan ekosistem DAS yang proses analisis dan penyajiannya dilakukan secara spasial dengan memanfaatkan teknologi GIS, hal tersebut diartikan bahwa hasil penelitian ini memiliki referensi geografis dan penyajiannya berupa peta peningkatan sumberdaya air. Hasil penelitian di DAS Batulicin diperoleh: 1) karakteristik DAS terdiri atas; a) Luas daerah aliran sungai 142.783,4 ha; b) lereng terluas 0 – 3 % seluas 83.635,3 ha c) rata-rata curah hujan bulanan sebesar 205,9 mm (tahun 2004 – 2013) dengan klasifikasi tife iklim B; d) klasifikasi kerapan DAS, rendah sampai sedang; e) koefesien regime sungai tertinggi 1: 21 (tahun 1995 – 2014); f) klasifikasi lahan kritis terluas agak kritis 49 % dari luas DAS; g) ) kelas kemampuan lahan IV sampai VIII: 2) upaya peningkatan Sumberdaya Alam: a) konservasi tanah dan air vegetatif sesuai kelas kamampuan lahan yang berfungsi secara ekologis dan ekonomis dengan mempertimbngan jenis pohon lokal dan jenis pohon pionir katalitic khusus lahan bekas pertambangan; b) konservasi tanah dan air mekanis (teras, saluran pembuanga air, kolam pengendapan sedimen, dam pengendali dan sumur resapan).
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/500/
dc.subject SD Forestry
dc.title Konservasi Tanah dan Air Dalam Rangka Peningkatan Sumberdaya Alam di DAS Batulicin Provinsi Kalimantan Selatan
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type NonPeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account