Repo Dosen ULM

DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR BERBASIS JENIS PENGETAHUAN PADA MATERI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT

Show simple item record

dc.creator Sari, Perdini Adma
dc.creator Suratno, Suratno
dc.creator Amali, Nor
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:19Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:19Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/493/1/SURATNO-PERDINI-NORAMALI%2C%20DIAGNOSA%20KESULITAN%20BELAJAR%20AKUNTANSI%20PENJUALAN%20KREDIT.docx
dc.identifier Sari, Perdini Adma and Suratno, Suratno and Amali, Nor DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR BERBASIS JENIS PENGETAHUAN PADA MATERI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT. In: Seminar Nasional “Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan yang Berkelanjutan”.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8307
dc.description Hasil tes diagnostik sebagai sarana untuk mengetahui kelemahan belajar siswa dapat digunakan sebagai petunjuk kegiatan belajar remedial yang terarah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan mengungkap sebab-sebab kesulitan belajar akuntansi pada siklus akuntansi dagang pada transaksi penjualan kredit metode pencatatan periodik kasus perolehan laba. Data yang dipakai untuk menganalisis tes diagnostik disajikan dalam profil kesulitan belajar akuntansi dagang dari berbagai dimensi jenis pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkesulitan pada dimensi fakta: 1) “Menyebutkan nominal laba yang diperoleh” ,pada dimensi konsep: 1) “Syarat Penjualan: 3/10, n/30” dan 2) “Pengelompokkan Akun Nominal dan Riil” , pada dimensi prinsip: 1) “Pengidentifikasian Perolehan Laba/Rugi Perusahaan pada Neraca Lajur “dan 2) “Posting Jurnal Penutup ke Buku Besar”, dan pada dimensi prosedur: 1) “Jurnal Penerimaan Kas” pada kasus bukti transaksi “Bukti Kas Masuk”, 2) “Buku Besar Pembantu Piutang”, 3) Neraca lajur mengenai “Penulisan Identitas Perusahaan pada Neraca Lajur”, “Penyelesaian kolom L/R”, dan “Identifikasi Perolehan Laba/Rugi” dan 3) “Posting Jurnal Penutup ke Buku Besar”. Kata kunci: tes diagnostik, akuntansi dagang, dimensi pengetahuan.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/493/
dc.subject L Education (General)
dc.title DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR BERBASIS JENIS PENGETAHUAN PADA MATERI AKUNTANSI PENJUALAN KREDIT
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account