Repo Dosen ULM

Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 2 SMAN 8 Banjarmasin pada Materi Ekosistem

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2015-06-13
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:18Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:18Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/480/7/pdfjoiner.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/480/8/penggunaan%20model.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2015) Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 2 SMAN 8 Banjarmasin pada Materi Ekosistem. In: ISBN 978-602-0829-43-2, 13 Juni 2015, Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8298
dc.description Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta mendeskripsikan respon siswa dan guru terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing pada konsep ekosistem. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMAN 8 Banjarmasin Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dari siklus I ke sikus II secara umum sudah meningkat dan berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dan sudah mencapai indikator keberhasilan dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,50%. Hasil belajar proses (LKS) dan psikomotor berada pada kategori sangat baik, perilaku berkarakter berada pada kategori memuaskan, dan keterampilan sosial berada pada kategori baik. Respon siswa terhadap pembelajaran model inkuiri terbimbing menunjukkan respon positif yang tinggi dengan persentase jawaban setuju sebesar 54,72%. Aktivitas guru mengalami penurunan dominansi yang berarti kemampuan siswa untuk bekerja secara mandiri menjadi meningkat dan respon guru tehadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Kata Kunci: Kinerja siswa, prestasi belajar, model konstruktivis.
dc.format text
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/480/
dc.subject L Education (General)
dc.title Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X 2 SMAN 8 Banjarmasin pada Materi Ekosistem
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account