Repo Dosen ULM

Penggunaan Pendekatan Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Kelangsungan Hidup Organisme di SMP Negeri 1 Anjir Muara Batola (Penelitian Eksperimen melalui Aktivitas Outbond di Kawasan Hutan Mangrove).

Show simple item record

dc.creator Muhammad, Zaini
dc.date 2010-08-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:17Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:17Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/475/1/img065.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/475/2/img066.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/475/3/img067.jpg
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/475/22/475.pdf
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/475/27/27%20Muhamad%20Zaini.pdf
dc.identifier Muhammad, Zaini (2010) Penggunaan Pendekatan Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Kelangsungan Hidup Organisme di SMP Negeri 1 Anjir Muara Batola (Penelitian Eksperimen melalui Aktivitas Outbond di Kawasan Hutan Mangrove). In: ISSN 2087 – 4537, 7 Agustus 2010, Palangkaraya.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8278
dc.description Salah satu tujuan pembelajaran IPA di SMP/MTs KTSP di antaranya adalah melakukan inkuiri ilmiah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bersikap dan bertindak ilmiah serta berkomunikasi dan meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam. Untuk itu diperlukan pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Salah satu pendekatan yang diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan inkuiri dan dengan menggunakan hutan mangrove sebagai tempat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan inkuiri melalui aktivitas outbond di kawasan hutan mangrove berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa pada konsep kelangsungan hidup organisme di SMP Negeri 1 Anjir Muara Batola. Penelitian dilaksanakan menggunakan rancangan kuasi eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ragam rancangan penelitian The Counterbalanced Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Anjir Muara dan menggunakan sampel total siswa kelas IX yang terdiri dari 3 kelas. Data dianalisis dengan teknik analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan didasarkan pada nilai kemungkinan Ho ditolak < 0,05 (Pr). Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan pendekatan inkuiri melalui aktifitas outbond di kawasan hutan mangrove berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa pada konsep kelangsungan hidup organisme di SMP Negeri 1 Anjir Muara Kabupaten Batola Kata Kunci: Pendekatan inkuiri, konsep kelangsungan hidup organisme, hutan mangrove
dc.format image
dc.format image
dc.format image
dc.format text
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/475/
dc.subject L Education (General)
dc.title Penggunaan Pendekatan Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Kelangsungan Hidup Organisme di SMP Negeri 1 Anjir Muara Batola (Penelitian Eksperimen melalui Aktivitas Outbond di Kawasan Hutan Mangrove).
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account