Repo Dosen ULM

PENDEKATAN CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME

Show simple item record

dc.creator HERI, SUSANTO
dc.date 2012-06
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:16Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:16Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/469/1/Prosiding%20UPI.pdf
dc.identifier HERI, SUSANTO (2012) PENDEKATAN CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME. In: Seminar Nasional Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran IPS, 12 June 2012, Bandung, Indonesia.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8261
dc.description Pendekatan cross-indigenous berkembang dari konsep indigenous dalam ilmu psikologi. Melihat kenyataan bahwa indigenous dan cross-indigenous mempunyai fokus kajian terhadap masyarakat dalam lingkungan native culture-nya, maka dalam tinjauan ini berusaha mengaplikasikan cross-indigenous sebagai sebuah pendekatan dalam pembelajaran IPS, terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berpotensi untuk menanamkan pemahaman multikulturalisme kepada peserta didik. Inti dari pendekatan ini adalah bagaimana menggunakan unsur sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi dan antropologi dari berbagai lingkungan budaya sebagai sumber belajar IPS, sehingga pemahaman yang diperoleh peserta didik tidak hanya pemahaman yang berasal dari satu kelompok etnik, melainkan pemahaman nilai-nilai universalitas lintas budaya.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/469/
dc.subject L Education (General)
dc.title PENDEKATAN CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account