Repo Dosen ULM

CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PEMAHAMAN KEARIFAN LOKAL

Show simple item record

dc.creator HERI, SUSANTO
dc.date 2015-06
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:15Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:15Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/467/1/Prosiding%20Semnas%20IPS%20Unlam.pdf
dc.identifier HERI, SUSANTO (2015) CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PEMAHAMAN KEARIFAN LOKAL. In: Seminar Nasional Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal, 30 May 2015, Banjarmasin, Indonesia.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8248
dc.description Pendidikan IPS terus mengalami perkembangan baik dalam aspek muatannya maupun dalam aspek pedagogisnya, satu diantaranya adalah berbagai pendekatan dalam pembelajaran IPS. Pendekatan cross-indigenous berkembang dari konsep indigenous dalam ilmu psikologi. Melihat kenyataan bahwa indigenous dan cross-indigenous mempunyai fokus kajian terhadap masyarakat dalam lingkungan native culture-nya, maka dalam tinjauan ini berusaha mengaplikasikan cross-indigenous sebagai sebuah pendekatan dalam pembelajaran IPS, terutama dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berpotensi untuk menanamkan pemahaman budaya dan kearifan lokal kepada peserta didik. Inti dari pendekatan ini adalah bagaimana menggunakan unsur sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi dan antropologi dari berbagai lingkungan budaya sebagai sumber belajar IPS, sehingga pemahaman yang diperoleh peserta didik tidak hanya pemahaman yang berasal dari satu kelompok etnik, melainkan pemahaman nilai-nilai universalitas lintas budaya. Dalam konteks kearifan lokal, pendekatan ini dapat digunakan untuk mengarahkan pemahaman siswa bahwa dalam tiap budaya selalu terdapat nilai-nilai kearifan lokal, baik dalam unsur sejarah, politik, geografi, ekonomi, sosiologi maupun antropologi. Lebih spesifik lagi memahami kearifan lokal pada banyak lingkungan budaya pada dasarnya adalah upaya untuk menanamkan nilai-nilai mutikulturalisme dalam lingkup lebih luas. Pendekatan cross-indigenous dapat menjadi alternatif dalam mensinergikan nilai-nilai kearifan lokal dan multikulturalisme dalam pembelajaran IPS.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/467/
dc.subject H Social Sciences (General)
dc.title CROSS-INDIGENOUS PEMBELAJARAN IPS DALAM MENGAJARKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PEMAHAMAN KEARIFAN LOKAL
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account