Repo Dosen ULM

PENGALAMAN DAN KESADARAN TERHADAP ARSITEKTUR: wacana dan konsep dalam metode pengajaran arsitektur

Show simple item record

dc.creator Muchamad, Bani Noor
dc.creator Wastuty, Prima Widia
dc.creator Saud, Moh. Ibnu
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:55:10Z
dc.date.available 2020-06-15T03:55:10Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/403/1/5_60thAR-ITB%232.pdf.no%20security.pdf
dc.identifier Muchamad, Bani Noor and Wastuty, Prima Widia and Saud, Moh. Ibnu PENGALAMAN DAN KESADARAN TERHADAP ARSITEKTUR: wacana dan konsep dalam metode pengajaran arsitektur. In: Proseding Seminar Nasional 60 Tahun Pendidikan Arsitektur.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/8202
dc.description Perkembangan suatu ilmu pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari pemikiran filsafat yang melandasi (ontologi), membentuk (epistemologi), dan mengawalnya (etis). Bahkan jika kita belajar dari sejarah, kemajuan sebuah disi plin ilmu sesungguhnya diawali dari hasil buah “pemikiran” tentang sesuatu yang kemudian menjadi obyek dari disiplin ilmu tersebut. Sejarah perkembangan arsitektur juga telah mencatat jatuh bangunnya beragam paradigma, konsep, proposisi, maupun teori. Melihat pada realitas, hakikat, dan tujuan arsitektur, nampaknya pemikiran fenomenologi patut dibumikan dalam metode pengajaran. Pemikiran fenomenologi ini memiliki keutamaan dalam hal pandangannya tentang pengalaman dan kesadaran akan sesuatu. Melalui fenomenologi mahasiswa dapat diajak memiliki pengalaman berarsitektur dan kesadaran terhadap arsitektur. Untuk itulah tulisan ini bertujuan menggali pemikiran fenomenologi dan merumuskan aspek teknisnya guna diimplementasikan sebagai metode pengajaran arsitektur. Bagaimana agar fenomenologi dapat digunakan, apa saja hambatan dan peluangnya, serta bagaimana membangun pengalaman berarsitektur dan kesadaran terhadap arsitektur melalui pengajaran mata kuliah. Analisis menggunakan metode deskriptif-interpretif. Kata kunci: pendidikan arsitektur,metode pengajaran, fenomenologi arsitektur.
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/403/
dc.subject TH Building construction
dc.title PENGALAMAN DAN KESADARAN TERHADAP ARSITEKTUR: wacana dan konsep dalam metode pengajaran arsitektur
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account