Repo Dosen ULM

MENGGAGAS PEMBELAJARAN SASTRA YANG HUMANIS

Show simple item record

dc.creator Jumadi, Jumadi
dc.date 2012-11-07
dc.date.accessioned 2020-06-15T03:54:49Z
dc.date.available 2020-06-15T03:54:49Z
dc.identifier http://eprints.ulm.ac.id/30/2/Menggagas%20pembelajaran%20sastra.pdf
dc.identifier Jumadi, Jumadi (2012) MENGGAGAS PEMBELAJARAN SASTRA YANG HUMANIS. In: International Conference On Literature hosted by UNY & HISKI; The Role of Literature in Enhancing Humanity & National Identity, 7 - 9 November 2012, Yogyakarta State University.
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/7985
dc.description Pembelajaran sastra mempunyai fungsi amat strategis untuk melatih keterampilan berbahasa para siswa, menambah pengetahuan tentang pengalaman hidup, membantu pengembangan pribadi dan watak, dan menambah pengalaman-pengalaman baru. Fungsi-fungsi ini akan tercapai jika pembelajaran sastra di sekolah di lakukan secara humanis. Dalam pembelajaran sastra yang humanis ditandai oleh tiga hal. Pertama, materi pembelajaran hendaknya disesuaikan dengan kubutuhan siswa, bukan berdasarkan asumsi guru. Kedua, metode pembelajaran yang digunakan hendaknya mampu memfasilitasi siswa untuk menggauli sastra sebanyak mungkin. Membaca, mendengar, dan menghasilkan sastra merupakan fokus kegiatan siswa di kelas. Ketiga, evaluasi hendaknya ditekankan pada proses menikmati dan menghasilkan sastra, bukan produk pengetahuan sesaat yang diuji pada awal, tengah, dan akhir semester
dc.format text
dc.relation http://eprints.ulm.ac.id/30/
dc.subject L Education (General)
dc.title MENGGAGAS PEMBELAJARAN SASTRA YANG HUMANIS
dc.type Conference or Workshop Item
dc.type PeerReviewed


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account