Repo Dosen ULM

Kemitraan Penguatan Strategi Pemasaran Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Kota Banjarmasin

Show simple item record

dc.contributor.author Azwari, Trisylvana
dc.contributor.author Syafari, Muhammad Riduansyah
dc.contributor.author Ridwan, Muhammad Nur Iman
dc.date.accessioned 2024-11-22T03:37:59Z
dc.date.available 2024-11-22T03:37:59Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.issn 2798-0065
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/36274
dc.description.abstract Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan ilmu dan pengetahuan mengenai strategi pemasaran Kelompok Pengolahan Hasil Ikan Perikanan Kota Banjarmasin khususnya mitra pengabdian yaitu Kelompok Usaha Kita dan Kelompok Usaha Bersama. Dipilihnya dua kelompok ini karena masing-masing mempunyai level yang berbeda yaitu Kelompok Usaha Kita masuk di level pemula dan Usaha Bersama masuk di level madya. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yaitu: 1) pendapatan berkurang akibat terjadinya pandemic covis-19. 2) kurangnya pemaham tentang pemasaran berbasis digital marketing karena masih memakai teknik manual. Metode yang digunakan adalah kooperatif-partisipasi dengan melibatkan beberapa anggota kelompok pengolah hasil ikan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah mitra mendapatkan pembinaan dan penguatan dari sistem digital marketing dan relationship marketing yang diberikan oleh anggota pengabdian untuk menunjang penjualan kelompok dari hasil ikan tersebut. Pembinaan dan penguatan dari materi yang diberikan dan hasil diskusi dan permasalahan yang dihadapi oleh mitra. Pembinaan yang dilakukan oleh kelompok pengabdian memberikan infromasi mengenai keadaan yang harus dihadapi oleh mitra. Bagaiamana mitra harus bisa saling bekerjasama antar kelompok untuk bisa menguatkan produk walaupun terdapat perbedaan merk. Penguatan strategi dilihat dari hasil pemaparan pengabdian mengenai strategi digital marketing yang berfokus pada 4C yaitu customer, cost, communication, dan convenience. Sedangkan tujuan adanya relationship marketing adalah 1) menemukan life time value dari pelanggan dan terus diperbesar dari tahun ke tahun; 2) menggunakan profit yang didapat dari tujuan tadi untuk mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah; dan 3) tujuan jangka panjang dari RM adalah menghasilkan keuntungan terus menerus dari dua kelompok pelanggan tetap dan pelanggan baru. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu menunjang dan mempermudah kelompok pengolah hasil ikan kota Banjarmasin dalam menerapkan pemasaran melalui media sosial . en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Pengabdian ILUNG en_US
dc.subject hasil ikan, hubungan pemasaran, pemasaran digital en_US
dc.title Kemitraan Penguatan Strategi Pemasaran Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Kota Banjarmasin en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account