Abstract:
Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan ilmu dan pengetahuan
mengenai strategi pemasaran Kelompok Pengolahan Hasil Ikan Perikanan Kota Banjarmasin khususnya
mitra pengabdian yaitu Kelompok Usaha Kita dan Kelompok Usaha Bersama. Dipilihnya dua kelompok ini
karena masing-masing mempunyai level yang berbeda yaitu Kelompok Usaha Kita masuk di level pemula dan
Usaha Bersama masuk di level madya. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra, yaitu: 1) pendapatan
berkurang akibat terjadinya pandemic covis-19. 2) kurangnya pemaham tentang pemasaran berbasis digital
marketing karena masih memakai teknik manual. Metode yang digunakan adalah kooperatif-partisipasi
dengan melibatkan beberapa anggota kelompok pengolah hasil ikan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini
adalah mitra mendapatkan pembinaan dan penguatan dari sistem digital marketing dan relationship
marketing yang diberikan oleh anggota pengabdian untuk menunjang penjualan kelompok dari hasil ikan
tersebut. Pembinaan dan penguatan dari materi yang diberikan dan hasil diskusi dan permasalahan yang
dihadapi oleh mitra. Pembinaan yang dilakukan oleh kelompok pengabdian memberikan infromasi mengenai
keadaan yang harus dihadapi oleh mitra. Bagaiamana mitra harus bisa saling bekerjasama antar kelompok
untuk bisa menguatkan produk walaupun terdapat perbedaan merk. Penguatan strategi dilihat dari hasil
pemaparan pengabdian mengenai strategi digital marketing yang berfokus pada 4C yaitu customer, cost,
communication, dan convenience. Sedangkan tujuan adanya relationship marketing adalah 1) menemukan
life time value dari pelanggan dan terus diperbesar dari tahun ke tahun; 2) menggunakan profit yang didapat
dari tujuan tadi untuk mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah; dan 3) tujuan jangka
panjang dari RM adalah menghasilkan keuntungan terus menerus dari dua kelompok pelanggan tetap dan
pelanggan baru. Dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu menunjang dan mempermudah kelompok
pengolah hasil ikan kota Banjarmasin dalam menerapkan pemasaran melalui media sosial .