Abstract:
Pendidikan Jasmani memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Melalui prosesnya, siswa diharapkan dapat menguasai keterampilan pada aspek psikomotornya. Namun tanpa melupakan aspek kognitif dan sosial sebagai tujuan dari pembentukan karakter siswa itu sendiri. Kemampuan psikomotor yang disajikan mempunyai ruang lingkup luas. Salah satunya adalah keterampilan bola voli yang terdiri dari teknik dasar servis, passing, smash dan blocking. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan dapat menentukan hasil akhir dari tujuan sebuah pembelajaran. Model pembelajaran yang dirasakan tepat pada sekarang ini adalah model pembelajaran yang terpusat pada siswa. Model pembelajaran project based learning membantu siswa dalam pengembangan kemampuan secara mandiri. Proyek yang dikerjakan mengarahkan siswa untuk menemukan pemecahan masalah yang sedang dihadapi. Pengaturan jadwal pelaksanaan disepakati pada awal pembelajaran sehingga target penyelesaian dapat ditentukan. Model pembelajaran lainnya adalah gaya mengajar inklusi. Gaya mengajar ini memiliki ciri khas yakni terdapat tes awal serta penentuan level-level dalam aktifitas geraknya. Selanjutnya, diperlukan inovasi baru terhadap model pembelajaran. Integrasi dari kedua model tersebut adalah salah satu solusi yang efektif. Sehingga pada paper ini bertujuan untuk mengkaji integrasi model project based learning dan gaya mengajar inklusi khususnya dalam pembelajaran keterampilan bola voli