Repo Dosen ULM

Internalisasi Active Lifestyle melalui Physical Literacy Berbasis Project Based Learning Terhadap Physical Fitness Mahasiswa Daerah Lahan Basah

Show simple item record

dc.contributor.author Mashud, Mashud
dc.contributor.author Arifin, Syamsul
dc.contributor.author Samodra, Y Touvan Juni
dc.contributor.author Yosika, Ghana Firsta
dc.contributor.author Rinaldy, Dwiki
dc.date.accessioned 2024-06-16T12:34:07Z
dc.date.available 2024-06-16T12:34:07Z
dc.date.issued 2023-12-17
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/34253
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mendeskripsikan profil active lifestyle mahasiswa; 2) Untuk mengetahui dan mengkaji internalisasi active lifestyle melalui physical literacy awareness berbasis projectbased learning dapat meningkatkan physical fitness. Penelitian ini menggunakan metode experimental jenis times-series (equivalent times-series design), hal ini peneliti pilih karena peneliti hanya memiliki akses pada satu kelompok dan dapat meneliti mereka dalam kurun waktu tertentu, selain itu dikarenakan peneliti ingin membuktikan efektititas internalisasi active lifestyle melalui physical literacy awareness berbasis projectbased learning terhadap peningkatkan physical fitness pada seluruh mahasiswa. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi. Penjas JPOK FKIP ULM semester genap tahun 2022-2023 yang sedang memprogram matakuliah literasi fisik yang berjumlah 140 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah populasi/ penelitian populasi seluruh jumlah populasi menjdi sampel penelitian. Teknik intervensi atau perlakukan kepada sampel penelitian dengan mengikuti pembagian kelas yang dilakukan oleh Prodi. Penjas JPOK FKIP ULM yakni dibagi dalam tiga kelas: 1) kelas A-1 berjumlah 48, 2) kelas A-2 berjumlah 45, 3) kelas A-3 berjumlah 47. Ketiga kelas tersebut menerima intevensi pada perkuliahan berupa internalisasi active lifestyle melalui physical literacy awareness berbasis projectbased learning. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua macam instrument yaitu; 1) instrument mengukur physical fitness, menggunakan test TKPN (Tes Kebugaran Pelajar Nusantara) tahun 2022. 2) Instrumen portofolio physical lietaracy berupa jurnal latihan harian. Analisis data dilakukan tiga tahap, yaitu: deskriptif statistik, normalitas, dan repeated measurement Anova Hasil penelitian mempunyai landasan yang kuat terkait kebugaran jasmani yang telah dituangkan dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi gaya hidup aktif melalui kesadaran literasi jasmani berbasis pembelajaran berbasis proyek memberikan peningkatan kebugaran jasmani. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tes 3 berpasangan dengan tes 1 dan 2. Selanjutnya tes 1 berpasangan dengan tes 2 dan tes 2 berpasangan dengan tes 1 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini memberikan referensi baru dalam pendidikan jasmani khususnya dalam menjaga kebugaran. Dimana dalam penelitian ini internalisasi gaya hidup aktif melalui kesadaran literasi jasmani dapat menjadi acuan bagi pelatih, guru, dan masyarakat umum untuk menjaga kebugaran jasmani. Dengan begitu, akan tercipta gaya hidup aktif melalui kesadaran literasi jasmani dengan menjaga kebugaran jasmani di lingkungan pelajar, olahragawan, dan masyarakat umum. Rekomendasi penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain agar dapat diperbandingkan dalam meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa. Dengan berhasilnya penelitian ini maka akan terwujud publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi scopus atau web of science. Selain itu renstra peta jalan penelitian ULM pada tahun 2023 yaitu tercipta relevansi dan produktivitasi berupa peningkatan publikasi international dan terbentuk pusat studi dan penelitian serta pengembangan lahan basah Asia Pasifik pada tahun 2027 akan terwujud en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher LPPM ULM en_US
dc.subject active lifestyle; physical literacy awareness; projectbased learning; physical fitness en_US
dc.title Internalisasi Active Lifestyle melalui Physical Literacy Berbasis Project Based Learning Terhadap Physical Fitness Mahasiswa Daerah Lahan Basah en_US
dc.type Working Paper en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account