Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mendeskripsikan profil active lifestyle
mahasiswa; 2) Untuk mengetahui dan mengkaji internalisasi active lifestyle melalui physical literacy awareness berbasis projectbased learning dapat meningkatkan physical fitness.
Penelitian ini menggunakan metode experimental jenis times-series (equivalent
times-series design), hal ini peneliti pilih karena peneliti hanya memiliki akses pada satu
kelompok dan dapat meneliti mereka dalam kurun waktu tertentu, selain itu dikarenakan
peneliti ingin membuktikan efektititas internalisasi active lifestyle melalui physical literacy
awareness berbasis projectbased learning terhadap peningkatkan physical fitness pada
seluruh mahasiswa. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi. Penjas JPOK FKIP ULM semester genap tahun 2022-2023 yang sedang memprogram matakuliah literasi fisik
yang berjumlah 140 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh
jumlah populasi/ penelitian populasi seluruh jumlah populasi menjdi sampel penelitian.
Teknik intervensi atau perlakukan kepada sampel penelitian dengan mengikuti pembagian
kelas yang dilakukan oleh Prodi. Penjas JPOK FKIP ULM yakni dibagi dalam tiga kelas: 1)
kelas A-1 berjumlah 48, 2) kelas A-2 berjumlah 45, 3) kelas A-3 berjumlah 47. Ketiga kelas
tersebut menerima intevensi pada perkuliahan berupa internalisasi active lifestyle melalui
physical literacy awareness berbasis projectbased learning. Instrumen pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan dua macam instrument yaitu; 1) instrument mengukur
physical fitness, menggunakan test TKPN (Tes Kebugaran Pelajar Nusantara) tahun 2022.
2) Instrumen portofolio physical lietaracy berupa jurnal latihan harian. Analisis data
dilakukan tiga tahap, yaitu: deskriptif statistik, normalitas, dan repeated measurement Anova
Hasil penelitian mempunyai landasan yang kuat terkait kebugaran jasmani yang telah
dituangkan dalam pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi gaya
hidup aktif melalui kesadaran literasi jasmani berbasis pembelajaran berbasis proyek
memberikan peningkatan kebugaran jasmani. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antara tes 3 berpasangan dengan tes 1 dan 2. Selanjutnya
tes 1 berpasangan dengan tes 2 dan tes 2 berpasangan dengan tes 1 tidak menunjukkan
perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini memberikan referensi baru dalam pendidikan
jasmani khususnya dalam menjaga kebugaran. Dimana dalam penelitian ini internalisasi
gaya hidup aktif melalui kesadaran literasi jasmani dapat menjadi acuan bagi pelatih, guru,
dan masyarakat umum untuk menjaga kebugaran jasmani. Dengan begitu, akan tercipta gaya
hidup aktif melalui kesadaran literasi jasmani dengan menjaga kebugaran jasmani di
lingkungan pelajar, olahragawan, dan masyarakat umum. Rekomendasi penelitian
selanjutnya dapat menambahkan variabel lain agar dapat diperbandingkan dalam
meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa.
Dengan berhasilnya penelitian ini maka akan terwujud publikasi ilmiah pada jurnal
internasional bereputasi scopus atau web of science. Selain itu renstra peta jalan penelitian
ULM pada tahun 2023 yaitu tercipta relevansi dan produktivitasi berupa peningkatan
publikasi international dan terbentuk pusat studi dan penelitian serta pengembangan lahan
basah Asia Pasifik pada tahun 2027 akan terwujud