Abstract:
Media sosial mempengaruhi segala aspek kehidupan, salah satu platform media populer yang
sangat mempengaruhi saat ini yaitu YouTube yang mudah diakses oleh para remaja. Maka
dari itu penelitian tujuan penelitian ini (1) Menemukan proses imitasi pada remaja yang
menonton Youtuber oleh siswa SMP Negeri 3 Martapura. (2) Menemukan bentuk imitasi pada
Youtuber dalam interaksi yang terjadi pada siswa SMPN 3 Martapura. Metode dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara Snowball Sampling dengan
jumlah partisipan 8 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi baik langsung atau Daring. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) proses terjadinya imitasi pada Youtuber didukung dengan aksebilitas
yang mudah berupa sistem YouTube itu sendiri dan lingkungan pergaulannya. Proses imitasi
terbagi empat tahap, yaitu atensional berupa memperhatikan Youtubers, retensi berupa
menyimpan apa yang ditonton, pembentukan perilaku yaitu dimana perlahan imitasi menjadi
perilaku dalam lingkungannya, serta motivisional yaitu adanya motif melakukan perilaku yang
diimitasi dalam pergaulanya (2) Bentuk komunikasi dalam imitasi dilakukan. Berbentuk
Copying behavior dilihat dari dua bentuk komunikasi. Pertama verbal, berupa kata-kata baik
dari mulut atau tulisan secara primer (langsung) atau sekunder (daring). Kedua non-verbal
yaitu berupa simbol yang dapat mengambarkan objek milik para Youtuber berupa bisa
aksesoris fisik, digital atau juga gestur tambahan yang dilihat pada bentuk interaksi sosial
siswa.
Kata kunci: Imitasi, Interaksi Sosial, Youtuber