dc.contributor.author |
Rachman, Ali |
|
dc.contributor.author |
Setiawan, Muhammad Andri |
|
dc.contributor.author |
Putro, Hendro Yulius Suryo |
|
dc.contributor.author |
Sharaya, Muhammad Aqmar |
|
dc.contributor.author |
Suharyani, Elyn |
|
dc.contributor.author |
Nayoan, Dyandra E.C |
|
dc.date.accessioned |
2021-06-18T00:48:28Z |
|
dc.date.available |
2021-06-18T00:48:28Z |
|
dc.date.issued |
2021-05-20 |
|
dc.identifier.citation |
Rachman, Ali; Setiawan, Muhammad Andri; Putro, Hendro Yulius Suryo; Sharaya, Muhammad Aqmar; Suharyani, Elyn; Nayoan, Dyandra E.C. (2021). Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning pada Layanan Klasikal Bimbingan Konseling untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying di SMP se-Kabupaten Banjar. Laporan Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: tidak diterbitkan. |
en_US |
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/20096 |
|
dc.description.abstract |
Masa new normal akibat pandemic Covid-19, mendisrupsi pola Pendidikan
dan Pengajaran, termasuk dalam layanan Bimbingan Konseling. Berbagai proses
layanan telah dikemas dalam e-learning. Namun e-learning yang berkembang di
siswa dan sekolah, masih sangat kaku dan monoton. Guru juga kurang mengikuti
perkembangan teknologi yang sesuai dengan jaman siswa sekarang, sehingga
kecenderungan perilaku cyberbullying di kalangan siswa meningkat. Urgensi
perlunya model e-learning yang menarik bagi siswa untuk aktif bahkan dapat
digunakan sebagai media sosial serta mengakses berbagai informasi dan
berkolaborasi dengan siswa lainnya. Zedemy hadir sebagai solusi atas permasalahan
yang dihadapi oleh siswa yang dapat dimanfaatkan oleh guru Bimbingan dan
Konseling dalam memberikan layanan klasikal untuk meminimalisir perilaku
cyberbullying. Zedemy merupakan platform e-learning yang dapat digunakan juga
layaknya social media dan berbagai media grup informasi yang interaktif.
Sosialisasi platform zedemy ini dikemas dalam Program Pengabdian kepada
Masyarakat bertujuan untuk: (1) meningkatkan kepedulian guru Bimbingan
Konseling dalam menerapkan layanan klasikal menggunakan platform zedemy, (2)
mengetahui kelayakan konten layanan klasikal cyberbullying Bimbingan dan
Konseling dalam platform zedemy, (3) mengetahui hasil respon guru Bimbingan
dan Konseling setelah menggunakan platform zedemy. Program Pengabdian
Masyarakat ini direncanakan berlangsung selama 3 bulan mulai dari pembuatan
modul layanan Klasikal, hingga tahap sosialisasi kepada seluruh guru se Kabupaten
Banjar.
Hasil pelaksanaan sosialisasi platform zedemy, 100% peserta setuju bahwa
platform zedemy, dapat digunakan sebagai media kolaborasi yang edukatif. Fasilitas
dan konten layanan klasikal yang terdapat dalam platform zedemy, menurut peserta
sebanyak 100% setuju juga dapat meminimalisir perilaku cyberbullying. Program
pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat berjalan berkelanjutan secara tatap
muka dalam bentuk bimbingan teknis implementasi platform zedemy dalam
Bimbingan dan Konseling. |
en_US |
dc.publisher |
Universitas Lambung Mangkurat |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Laporan PkM;371.4.ALI S |
|
dc.subject |
zedemy |
en_US |
dc.subject |
layanan klasikal |
en_US |
dc.subject |
cyberbullying |
en_US |
dc.title |
Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning pada Layanan Klasikal Bimbingan Konseling untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying di SMP seKabupaten Banjar |
en_US |
dc.title.alternative |
Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning |
en_US |
dc.type |
Working Paper |
en_US |