Repo Dosen ULM

Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning pada Layanan Klasikal Bimbingan Konseling untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying di SMP seKabupaten Banjar

Show simple item record

dc.contributor.author Rachman, Ali
dc.contributor.author Setiawan, Muhammad Andri
dc.contributor.author Putro, Hendro Yulius Suryo
dc.contributor.author Sharaya, Muhammad Aqmar
dc.contributor.author Suharyani, Elyn
dc.contributor.author Nayoan, Dyandra E.C
dc.date.accessioned 2021-06-18T00:48:28Z
dc.date.available 2021-06-18T00:48:28Z
dc.date.issued 2021-05-20
dc.identifier.citation Rachman, Ali; Setiawan, Muhammad Andri; Putro, Hendro Yulius Suryo; Sharaya, Muhammad Aqmar; Suharyani, Elyn; Nayoan, Dyandra E.C. (2021). Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning pada Layanan Klasikal Bimbingan Konseling untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying di SMP se-Kabupaten Banjar. Laporan Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: tidak diterbitkan. en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/20096
dc.description.abstract Masa new normal akibat pandemic Covid-19, mendisrupsi pola Pendidikan dan Pengajaran, termasuk dalam layanan Bimbingan Konseling. Berbagai proses layanan telah dikemas dalam e-learning. Namun e-learning yang berkembang di siswa dan sekolah, masih sangat kaku dan monoton. Guru juga kurang mengikuti perkembangan teknologi yang sesuai dengan jaman siswa sekarang, sehingga kecenderungan perilaku cyberbullying di kalangan siswa meningkat. Urgensi perlunya model e-learning yang menarik bagi siswa untuk aktif bahkan dapat digunakan sebagai media sosial serta mengakses berbagai informasi dan berkolaborasi dengan siswa lainnya. Zedemy hadir sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh siswa yang dapat dimanfaatkan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan klasikal untuk meminimalisir perilaku cyberbullying. Zedemy merupakan platform e-learning yang dapat digunakan juga layaknya social media dan berbagai media grup informasi yang interaktif. Sosialisasi platform zedemy ini dikemas dalam Program Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk: (1) meningkatkan kepedulian guru Bimbingan Konseling dalam menerapkan layanan klasikal menggunakan platform zedemy, (2) mengetahui kelayakan konten layanan klasikal cyberbullying Bimbingan dan Konseling dalam platform zedemy, (3) mengetahui hasil respon guru Bimbingan dan Konseling setelah menggunakan platform zedemy. Program Pengabdian Masyarakat ini direncanakan berlangsung selama 3 bulan mulai dari pembuatan modul layanan Klasikal, hingga tahap sosialisasi kepada seluruh guru se Kabupaten Banjar. Hasil pelaksanaan sosialisasi platform zedemy, 100% peserta setuju bahwa platform zedemy, dapat digunakan sebagai media kolaborasi yang edukatif. Fasilitas dan konten layanan klasikal yang terdapat dalam platform zedemy, menurut peserta sebanyak 100% setuju juga dapat meminimalisir perilaku cyberbullying. Program pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat berjalan berkelanjutan secara tatap muka dalam bentuk bimbingan teknis implementasi platform zedemy dalam Bimbingan dan Konseling. en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan PkM;371.4.ALI S
dc.subject zedemy en_US
dc.subject layanan klasikal en_US
dc.subject cyberbullying en_US
dc.title Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning pada Layanan Klasikal Bimbingan Konseling untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying di SMP seKabupaten Banjar en_US
dc.title.alternative Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning en_US
dc.type Working Paper en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account