Repo Dosen ULM

LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DAMPAK PHUBBING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Show simple item record

dc.contributor.author Rachman, Ali
dc.contributor.author Setiawan, Muhammad Andri
dc.contributor.author Bawimbang, Jessica Ester
dc.contributor.author Rachman, Faisal
dc.date.accessioned 2021-01-19T01:00:02Z
dc.date.available 2021-01-19T01:00:02Z
dc.date.issued 2019-06-01
dc.identifier.citation Rachman, A., Setiawan, MA, Bawimbang, JE, & Rachman, F. (2019). Layanan Bimbingan Klasikal Dampak Phubbing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Laporan Kemajuan Terakhir Program Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: tidak diterbitkan. en_US
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18757
dc.description.abstract Generasi milineal tidak terlepas dari penggunaan ponsel pintar sebagai media teknologi komunikasi terbaru. Dampak negatif yang dirasa dari perkembangan ponsel pintar adalah lahirnya perilaku ‘phubbing.’ ‘Phubbing’ berasal dari dua kata ‘phone’ dan ‘snubbing’ yang mengandung arti tindakan mengabaikan orang lain ketika berinteraksi komunikasi sosial dengan lebih fokus memperhatikan ponsel daripada berbicara dengan orang orang yang dihadapan. Pelaku ‘phubbing’ atau diistilahkan ‘phubber’ seringkali banyak menimpa generasi milineal yang melek dengan teknologi informasi. Berangkat dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan pemberian layanan bimbingan klasikal terhadap dampak yang ditimbulkan oleh ‘phubbing.’ Pelaksanaan pemberian layanan direncanakan dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin berdasarkan permintaan mitra yakni guru BK SMP Negeri 25 Banjarmasin sendiri berdasarkan hasil pengembangan informasi kondisional praktis di lapangan. Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dijadikan solusi penyelesaian dengan harapan dapat menjangkau siswa kelas VII secara lebih luas. Untuk mengetahui deskripsi perilaku ‘phubbing’ pada siswa kelas VII maka digunakan instrumen Generic Scale of Phubbing (GSP) yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan. Rencana target luaran dari pelaksanaan PkM ini adalah publikasi pada Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (JPPM) yang diterbitkan LP3M Universitas Mathla’ul Anwar (Unma) Banten pada bulan Juli. Langkah sistematis pelaksanaan PkM yang dilaporkan pada kemajuan akhir ini adalah: (1) Pelaksanaan; (2) Evaluasi-Tindak Lanjut dan terakhir, (3) Pelaporan-Publikasi. Disarankan pelaksanaan PkM diharapkan dapat menjadi: (1) dapat ditindaklanjuti dalam rencana pemberian jenis layanan bimbingan dan konseling lain secara intensif dan (2) dilanjutkan sebagai penelitian bertemakan dampak ‘phubbing.’ en_US
dc.publisher Universitas Lambung Mangkurat en_US
dc.subject Phubbing en_US
dc.subject Layangan Bimbingan Klasikal en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DAMPAK PHUBBING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN en_US
dc.title.alternative DAMPAK PHUBBING en_US
dc.type Working Paper en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account