dc.contributor.author |
Eviani, Damastuti |
|
dc.contributor.author |
Mirnawati, Mirnawati |
|
dc.date.accessioned |
2020-12-30T02:20:06Z |
|
dc.date.available |
2020-12-30T02:20:06Z |
|
dc.date.issued |
2019-09 |
|
dc.identifier.issn |
- |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18674 |
|
dc.description |
Anak berkebutuhan khusus tidak hanya anak yang mengalami
hambatan secara fisik saja sehingga dapat ditemukenali secara mudah seperti
tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa. Namun anak berkebutuhan khusus
banyak jenisnya, ada yang mengalami hambatan intelektual seperti anak
kesulitan belajar, lamban belajar dan tunagrahita. Anak dengan kecerdasan di
atas rata-rata atau yang dikenal dengan istilah CIBI (Cerdas Istimewa dan
Bakat Istimewa). Dan juga anak dengan hambatan emosi dan perilaku seperti
autis dan Attention Deficit Hiperaktif Disorder (ADHD).
Perilaku anak usia dini sangat erat kaitannya dengan perilaku yang
menunjukkan anak yang aktif karena memang pada masanya anak usia dini
memasuki tahap bermain dan tertarik mengeksplorasi lingkungan. Oleh karena
itu penting sekali bagi pendidik usia dini memiliki kemampuan dalam
2
mengenali anak berkebutuhan khusus dengan hambatan perilaku seperti Autis
dan ADHD. Dengan adanya parenting ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan bagi pendidik, orang tua dan warga sekolah tentang hambatan
perilaku di PAUD IT Bintang Qur’ani sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam
menemukenali anak dengan hambatan perilaku dan dapat memberikan layanan
pendidikan yang optimal. |
en_US |
dc.description.abstract |
Anak berkebutuhan khusus tidak hanya anak yang mengalami
hambatan secara fisik saja sehingga dapat ditemukenali secara mudah seperti
tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa. Namun anak berkebutuhan khusus
banyak jenisnya, ada yang mengalami hambatan intelektual seperti anak
kesulitan belajar, lamban belajar dan tunagrahita. Anak dengan kecerdasan di
atas rata-rata atau yang dikenal dengan istilah CIBI (Cerdas Istimewa dan
Bakat Istimewa). Dan juga anak dengan hambatan emosi dan perilaku seperti
autis dan Attention Deficit Hiperaktif Disorder (ADHD).
Perilaku anak usia dini sangat erat kaitannya dengan perilaku yang
menunjukkan anak yang aktif karena memang pada masanya anak usia dini
memasuki tahap bermain dan tertarik mengeksplorasi lingkungan. Oleh karena
itu penting sekali bagi pendidik usia dini memiliki kemampuan dalam
2
mengenali anak berkebutuhan khusus dengan hambatan perilaku seperti Autis
dan ADHD. Dengan adanya parenting ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan bagi pendidik, orang tua dan warga sekolah tentang hambatan
perilaku di PAUD IT Bintang Qur’ani sehingga tidak terjadi kekeliruan dalam
menemukenali anak dengan hambatan perilaku dan dapat memberikan layanan
pendidikan yang optimal. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
pendidikan khusus FKIP ULM |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Universitas Lambung Mangkurat;1 |
|
dc.subject |
menemukenali |
en_US |
dc.subject |
hambatan perilaku |
en_US |
dc.title |
LAPORAN PKM: Menemukenali Anak dengan Hambatan Perilaku pada Usia Dini (PAUD Islam Terpadu Bintang Qur;ani Banjarmasin) |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |