Repo Dosen ULM

Upaya Meningkatkan Jabatan Fungsional dan Kompetensi Meneliti Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMP di Balangan

Show simple item record

dc.contributor.author Mahardika, Andi Ichsan
dc.contributor.author Arifuddin, Muhammad
dc.contributor.author Salam, Abdul
dc.date.accessioned 2020-11-15T23:37:31Z
dc.date.available 2020-11-15T23:37:31Z
dc.date.issued 2019-09-18
dc.identifier.uri https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/18326
dc.description.abstract Kompotensi guru bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Juga tuntutan terhadap guru untuk selalu kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran yang dikelolanya. Pemerintah membuat kebijakan yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik di sekolah, baik kompotensi pedagogik, kepribadian, sosial, maupun kompotensi professional. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru adalah Permendiknas No: 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit. Dalam implementasi aturan angka kredit kenaikan pangkat/golongan ruang guru harus melakukan pengembangan keprosefesian berkelanjutan sebagai wujud profesionalisme guru sebagai pendidik. Dimulai pada guru dengan jabatan guru pertama golongan IIIb hingga guru utama golongan IVd harus melakukan penelitian atau publikasi ilmiah untuk pengembangan kompetensi profesional dan memenuhi angka kredit. Akibat dari pemberlakuan keputuan tersebut pada umumnya guru mulai mengalami kesulitan untuk mengusulkan kenaikan pangkat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru untuk mengatasi kendala membuat karya tulis ilmiah (KTI) pendidikan adalah melalui pembimbingan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Dosen-dosen FKIP secara bersama-sama berkolaborasi dengan guru-guru di sekolah terutama guru-guru SMP mitra PKM di Kabupaten Balangan mulai dari tahap indentifikasi masalah pembelajaran yang dihadapi guru, membuat perencanaan tindakan untuk mengatasi masalah belajar siswa, pelaksanaan tindakan sampai pada evaluasi dan refleksi terhadap pelaksanaan pembelajaran, hingga pelaporan dan penulisan artikel ilmiah. Program kemitraan masyarakat ini berpeluang meningkatkan kualitas dan kuantitas karya ilmiah guru, baik berupa laporan penelitian maupun artikel ilmiah, sehingga dapat menunjang pengembangan profesionalisme dan kenaikan jabatan fungsional guru. Luaran dalam program ini berupa artikel yang akan dipublikasikan dalam jurnal, video kegiatan, dan artikel di media masa lokal. Bagi mitra dalam kegiatan ini yakni guru-guru SMP di Kabupaten Balangan, sebagai mitra non produktif ekonomi akan meningkat pengetahuannya dan keterampilannya dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan juga mampu membuat laporan penelitian dan artikel ilmiah Secara singkat program ini memiliki kegiatan pelatihan metodologi PTK, workshop analsisi masalah pembelajaran yang layak untuk diteliti, pelatihan menyiapkan observer, instrumen, dan analisis data, serta pelatihan menyusun laporan dan artikel. Program ini juga mencakup proses pendampingan guru dalam melakukan penelitian tindakan kelas dan klinik pelaporan dan penulisan artikel. en_US
dc.description.sponsorship DRPM Kemendikbud en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Terdaftar di Perpustakaan FKIP ULM en_US
dc.subject Penelitian Tindakan Kelas en_US
dc.subject Kompetensi Meneliti Guru en_US
dc.subject Jabatan Fungsional Guru en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Jabatan Fungsional dan Kompetensi Meneliti Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SMP di Balangan en_US
dc.type Technical Report en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account