dc.creator |
Rizal, Muhammad |
|
dc.creator |
Rifky, Ahmad |
|
dc.creator |
Wijaya Kusuma, Arya Dharmawan |
|
dc.creator |
Fatiehurrizqie Arrasyid, Maulana |
|
dc.creator |
Arifin, M. Zainul |
|
dc.creator |
Pasani, Chairil Faif |
|
dc.creator |
Juhairiyah, Juhairiyah |
|
dc.creator |
Budiarti, Indah |
|
dc.date |
2019-10 |
|
dc.date.accessioned |
2020-06-15T03:59:15Z |
|
dc.date.available |
2020-06-15T03:59:15Z |
|
dc.identifier |
http://eprints.ulm.ac.id/8789/1/14-%28135%20-%20142%29-Muhammad%20Rizal_Analisis%20Validitas%20dan%20Reliabilitas%20Soal%20HOTS%20Matematika%20Untuk%20Siswa%20Sekolah%20Menengah%20Kejuruan%20Kelas%20X.pdf |
|
dc.identifier |
Rizal, Muhammad and Rifky, Ahmad and Wijaya Kusuma, Arya Dharmawan and Fatiehurrizqie Arrasyid, Maulana and Arifin, M. Zainul and Pasani, Chairil Faif and Juhairiyah, Juhairiyah and Budiarti, Indah (2019) ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL HOTS MATEMATIKA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KELAS X. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA) II - 2019, 12 Oktober 2019, Banjarmasin. |
|
dc.identifier.uri |
https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/11182 |
|
dc.description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas soal HOTS matematika kelas X Sekolah Menengah Kejuruan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dimulai dari mengembangkan kisi-kisi soal HOTS yang telah dibuat. Kemudian soal yang telah dikembangkan di analisis validitas, reliabilitas, daya pembeda, efektivitas pengecoh. Terdapat 2 kriteria untuk kevalidan soal, yaitu Validitas Isi yang didapat dari penilaian oleh Teman Sejawat, Dosen, dan Guru; dan Validitas Empiris yang didapat dari hasil uji coba soal ke subjek uji coba, yang dalam penelitian ini adalah 67 siswa dari kelas XB dan XC di SMK ISFI Banjarmasin. Sama halnya dengan validitas empiris, reliabilitas soal didapat dari hasil uji coba soal ke siswa sebagai subjek uji coba. Adapun instrumen penelitian adalah angket validasi untuk penilaian Validitas Isi dari Teman Sejawat, Dosen, dan Guru serta instrumen penilaian tes berupa 40 soal HOTS matematika berbentuk soal pilihan ganda. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan software “Anates”. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari 40 soal pilihan ganda yang dikembangkan 8 soal dinyatakan valid, dan reliabilitas soal terkategori lemah.
Kata kunci: Validitas dan Reliabilitas, HOTS, Sekolah Menengah Kejuruan |
|
dc.format |
text |
|
dc.relation |
http://eprints.ulm.ac.id/8789/ |
|
dc.subject |
L Education (General) |
|
dc.title |
ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS SOAL HOTS MATEMATIKA
UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KELAS X |
|
dc.type |
Conference or Workshop Item |
|
dc.type |
PeerReviewed |
|